10 Jenis Tanaman Aquarium Air Tawar Yang Sederhana Tapi Menarik

Tanaman aquarium air tawar sangat menarik untuk dipandang. Ikan mungil warna-warni meliuk lincah di antara celah hijaunya dedaunan menjadi pelepas penat setelah lelah bekerja. Ditambah dengan senandung gemercik air seakan menambah indahnya suasana rumah.

Rumah memang tempat persinggahan terakhir seseorang seusai berkegiatan baik bekerja maupun belajar. Rumah yang bersih tentu membawa lingkungan yang sehat bagi penghuninya. Kerapian dan kebersihan selalu didamba oleh semua orang bahkan ada yang menghias rumahnya dengan beraneka tanaman untuk menimbulkan kesan yang asri.

Ada pula yang mengisi rumah mereka dengan aquarium lengkap dengan ikan yang memiliki corak warna warni kontras dengan airnya sendiri. Bila anda juga penyuka ikan dan aksesoris aquarium lainnya tentu saja anda pasti akan lebih memperhatrikan kondisi aquarium sendiri karena apabila tempat tersebut kotor maka matilah segala biota yang hidup didalamnya. Beberapa menambahkan tanaman hias didalam aquarium yang menambahkan keindahan bila dipandang.

Seni menghias aquarium dengan tanaman air sering disebut aquascape. Tanaman air sendiri sebenarnya terbagi atas tiga jenis yaitu jenis mengapung yang biasa ada di kolam dan merambat juga bercabang yang sering kita temukan didalam aquarium.

Tanaman aquarium air tawar juga bisa digunakan sebagai rumah para kan, tempat persembuyian yang tepat, karpet alami yang indah dilihat dan tempat untuk menyembunyikan perlengkapan kuarium serta penyeimbang lingkungan air.

Jenis Tanaman Aquarium Air Tawar

  1. Water wisteria

Tanaman satu ini sangat tumbuh berkembang dan cocok untuk suhu air sekitar 23 C- 28 C yang dapat dijadikan karpet aquarium. Warnanya yang kehijuan dengan sisi daun bergerigi ini dapat dijadikan pencahayaan alami dalam aquarium.

  1. Java moss

Tanaman satu ini tumbuh di suhu 21C-24C dan sangat baik untuk persembunyian bayi ikan dan dapat pula dijadikan sumber makanan bagi bayi ikan tersebut. Tanaman satu ini sangat popular dan kerap tumbuh dibatu ataupun kayu apung.