1001 Tanaman Obat Herbal Dan Khasiatnya

Apa sih Obat Herbal itu? Saat ini, berbagai jenis obat herbal marak dijual di pasaran. Penjualannya mulai melesat, karena banyak konsumen percaya jika obat herbal lebih aman dikonsumsi dan memiliki harga lebih murah dibandingkan obat dari dokter. Obat-obat herbal dianggap sebagai obat alternatif bagi masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

Obat herbal sendiri memiliki arti obat yang berasal atau dibuat dengan menggunakan tanaman-tanaman yang berada di alam. Meski obat herbal tidak seperti obat dokter yang memiliki efek lebih cepat sehingga dipercaya lebih aman, obat herbal tidak melulu tentang yang baik-baik saja.

Konsumsi obat herbal yang tidak sesuai dengan penyakit yang dialami atau tidak sesuai dengan petunjuk penggunaan, dapat berakibat fatal, terlebih lagi jika obat herbal dikonsumsi bersamaan dengan obat resep dokter. Orang-orang yang menderita penyakit tertentu sehingga disarankan untuk tidak mengonsumsi obat herbal, atau wanita-wanita yang sedang mengandung, harus berhati-hati dalam mengonsumsi obat –obatan herbal.

Obat herbal terbagi dalam beberapa kategori sesuai dengan fungsinya, yaitu perawatan, penyembuhan, dan perawatan + penyembuhan.

  1. Perawatan : Adalah obat-obat herbal yang digunakan untuk merawat baik dari dalam maupun dari luar tubuh. Contohnya adalah obat-obat herbal untuk menjaga daya tahan tubuh.
  2. Penyembuhan : Adalah obat-obat herbal yang dikonsumsi untuk menyembuhkan berbagai penyakit, misalnya buah mahkota dewa yang digunakan untuk obat disentri atau pohon merah yang dikonsumsi untuk melancarkan haid. Tetapi perlu dicatat bahwa komposisi dari setiap obat herbal berbeda sesuai dengan penyakit yang akan disembuhkan.
  3. Penyembuhan + perawatan : Adalah obat herbal yang dapat digunakan untuk menyembuhkan dan juga merawat penyakit. Misalnya saja kunyit yang digunakan untuk mengobati jerawat. Meski tujuan dari konsumsi obat telah tercapai, proses penggunaan kunyit sebagai obat luar tetap dapat dilanjutkan untuk menjaga kondisi kulit. adakalanya racikan dari penggunaan bahan-bahan herbal diganti sesuai dengan tujuan obat, baik untuk merawat atau untuk mengobati, tetapi seringkali racikan obat dibuat sama karena cara kerja obat herbal yang lambat sehingga tidak terlalu banyak berpengaruh. selambat apapun efek dari sebuah obat herbal, perlu diketahui bahwa meski sedikit, tumbuhan herbal yang salah diracik tetap memiliki efek pada tubuh.

Indonesia adalah salah satu dari banyak Negara yang memiliki resep-resep obat herbal khusus yang digunakan sejak turun-temurun. Obat-obat herbal ini sering disebut jamu. Meski biasanya jamu diracik sendiri sesuai dengan resep orang-orang dahulu, kini sudah ada jamu yang berbentuk serbuk, kapsul, maupun cair yang dijual di pasaran. Ada beberapa obat herbal Indonesia yang sudah terkenal di luar negeri, seperti obat cair untuk menghilangkan masuk angin yang dikemas siap minum.

Jika anda ingin memanfaatkan atau mendapatkan khasiat dari tanaman herbal, ada baiknya jika anda membaca dengan seksama ulasan berikut ini.  Kami Jelaskan Berbagagai manfaat dan khasiat Tanaman Herbal Lengkap dengan Jenis penyakitnya.

Obat herbal diabetes

Herbal merupakan jenis pengobatan yang menggunakan bahan alami berupa obat-obatan yang digunakan untuk penyembuhan suatu penyakit. Obat herbal sendiri terdiri dari berbagai jenis diantaranya adalah kunyit putih, daun dewa, temulawak, jahe dan masih banyak lagi lainnya. Penyakit yang bisa disembuhkan dengan menggunakan herbal banyak sekali bahakan penyakit yang berbahyapun dipercaya mampu sembuh menggunakan obat herbal ini. Salah satu penyakit yang dapat disembuhkan oleh obat herbal adalah diabetes.

Diabetes merupakan suatu penyakit yang timbul akibat kadar gula dalam tubuh sangat tinggi. Penyebab penyakit inipun beragama mulai dari faktor keturunan yang juga memiliki penyakit yang sama sebeblumnya, mengkonsumsi makanan tinggi glukosa secara berlebihan, pada saat hamil seorang ibu hamil memakan gula secara tidak normal sehingga menderita diabetes begitu pula dengan anaknya, dan kebiasaan pola hidup yang buruk.

Diabetes sendiri terbagi atas dua jenis yakni diabetes kering dan diabetes basah yang keduanya berbahaya bagi tubuh.  Diabetes kering membuat penderitanya menjadi kurus kering tanpa penyebab yang jelas sebab penderita tidak lagi menggunakan glukosa untuk tenaga karena terbatasnya insulin melainkan lemak. Diabetes basah membuat peenderita kehilangan anggota tubuhnya karena digerogoti oleh penyakit gula ini dan bila terdapat luka maka luka ini sangat sulit untuk disembuhkan.

Kedua penyakit ini biasanya melanda para manula namun dewasa ini kalangan muda pun juga banyak yang mengidapnya dikarenakan pola hidup yang kurang sehat. Adapun gejala yang bisa kita  waspadai untuk penyakit ini diantaranya adalah bila mengalami luka sulit untu sembuh, berat badan turun drastic tanpa tahu penyebab pastinya, serin merasakan haus dan lapar, merasakan gatal-gatal, sering buang air kecil, sensitive dan mood berubah-ubah serta nafas menjadi bau.

Pengobatan untuk penyakit inipun bermacam-macam mulai dai segi medis yakni menyuntikan cairan insulin kepada tubuh atau pengobatan herbal dengan mengkonsumsi bahan alami yang ditemukan di pasaran. Pengobatan dengan obat herbal banyak digunakan penderita karena tidak menggunakan bahan kimia yang mampu menghilangkan efek samping akibat obat berbahan kimia. Adapun beberapa obat herbal diabetes  diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Cabai

Cabai bukan saja sebagai bahan pelengkap rasa dalam bumbu dapur namun juga mampu menstabilkan kadar gula dalam tubuh karena adanya kandungan zat karotenoid.

  1. Kedelai

Kedelai memang sangat baik bagi tubuh manusia karena mengandung protein dan mampu mengurangi pengeluaran urin yang tinggi. Saat ini banyak terdapat makanan ringan yang menggunakan kedelai sebagai bahan utamanya dan mengandung  gula yang rendah lemak.

  1. Gandum

Gandum dapat membantu dalam program diet anda dan menurunkan kolesterol dalam tubuh karena adanya zat neta glucan.

  1. Pare

Pare  yang cenderung pahit memiliki khasiat yang luar biasa dalam tubuh diantaranya adalah mengandung kadar gula yang rendah serta kaya akan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

  1. Keladi tikus

Tanaman keladi tikus ini memiliki manfaat dalam membantu regenerasi sel sehingga dapat membantu proses regenerasi sel insulin yang rusak akibat penyakit ini. Selain digunakan sebagai obat kanker, keladi tikus juga dapat digunakan sebagai obat herbal diabetes.

  1. Sirsak

Sirsak bukan hanya enak untuk dikonsumsi secara langsung namun juga baik bagi penderita diabetes karena daunnya dapat membantu menjaga kadar gula dalam tubuh dan membantu fungsi kerja dari pankreas dalam menghasilkan insulin.

Selain mengkonsumsi obat herbal diabetes, penderita diabetes juga perlu memperhatikan pola hidup dengan cara menghindari makanan yang berlemak seperti gorengan, jangan terlalu banyak mengkonsumsi nasi putih dan menggantinya dengan nasi merah yang lebih rendah glukosa, perbanyak minum air putih paling tidak 8 gelas per hari. Anda juga harus lebih selektif dalam makanan dan obat-obatan yang anda konsumsi dan cobalah untuk berolahraga yang cukup dan teratur.

Obat Herbal Propolis

obat herbal propolis yang satu ini memang sudah terbukti ampuh untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit, dari penyakit ringan hingga penyakit mematikan. Propolis sendiri berasal dari bahasa yunani yaitu pro yang berarti melindungi dan polis yang berarti kota. Dengan demikian propolis memiliki arti yaitu melindungi kota. Dinamakan demikian karena fungsi dari propolis sendiri adalah untuk melindungi sarang yang didalamnya terdapat telur serta ratu lebah dari berabagai ancaman virus dan bakteri yang menyerang sarang lebah.

Secara fisik obat herbal propolis sendiri seperti lem, yakni lem lebah yang dikumpulkan dari tunas pohon tertentu. Lalu lebah meletakkannya di depan pintu sarang lebah yang didalamnya terdapat telur lebah. Hal ini dimaksudkan untuk menghalau berbagai macam jenis virus dan bakteri jahat agar tidak dapat masuk menembus pertahanan tersebut.

Obat herbal Propolis memiliki kandungan yang baik untuk memelihara daya tahan tubuh, karena propolis mengandung

  • Semua senyawa yang baik kecuali sulfur
  • Asam emino essensial yang berfungsi untuk regenerasi tubuh
  • Mengandung vitamin yang kompleks yakni A, B, C, D dan E
  • Mengandung zat yang dapat melindungi tubuh dari radiasi bebas atau berfungsi sebagai antioksidan. Zat tersebut dinamakan Menurut penelitian, satu tetes Bioflavonoid setara dengan kandungan 500 buah jeruk.

Dengan kandungan yang begitu banyaknya, propolis dipercaya dapat menyembuhkan gangguan kesehatan seperti berikut ini:

  1. Propolis efektif untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan jamur

Penyakit yang diakibatkan oleh jamur tersebut bisa berupa panu, keputihan yang dikarenakan jamur dan ketombe.

  1. Penyakit yang diakibatkan oleh bakteri

Beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri antara lain Muntaber, typhus, dan keputihan yang disebabkan bakteri. Kesemua penyakit ini tidak dapat diremehkan begitu saja. Menimbang bakteri yang masuk kedalam tubuh kita akan mudah menyebabkan penyakit yang lebih serius. Beberapa kasus menyebutkan bahwa penyakit yang disebabkan oleh bakteri dapat berujung kepada kematian. Dengan propolis kita dapat mengurangi resiko terkena bakteri tersebut.

  1. Mengobati penyakit peradangan dan obat luka bakar

Peradangan pada tubuh bisa menyebkan penyakit seperti maag dan radang. Jangan anggap enteng penyakit maag karena penyakit ini sudah banyak memakan korban. Sedikit demi sedikit akan mengikis kesehatan si penderita. Teraturlah mengkonsumsi makanan dan selingi dengan propolis agar dapat mengobati dan menghindari penyakit yang disebabkan oleh peradangan ini.

  1. Membersihkan darah

Propolis memiliki fungsi sebagai pembersih darah atau aktioksidan. Bagi penderita stroke , darah tinggi maupun rendah, atau juga kolesterol dapat mengimbangi makanan dengan asupan propolis ini.

  1. Mengobati kanker

Kanker adalah penyakit yang belum diketahui obatnya secara pasti. Kaker juga merupakan pembunuh yang mematikan. Propolis diyakini dapat berfungsi sebagai obat untuk penyakit kanker dan mutagenesis sel.

Berbagai penyakit memang sering mendatangi manusia. Sebagai insan yang hidup maka penyakit merupakan sebuah cobaan dari sang pemberi hidup. Tapi dengan kiat sehat yang kita terapkan diharapkan dapat megurangi resiko terkena beberapa jenis penyakit.

Madu memang sudah dikenal lama sebagai obat dari berbagai macam jenis penyakit. Disadari atau tidak lebah memiliki fungsi yang sangat membantu dalam kehidupan manusia. Dengan memanfaatkan apa yang telah alam sediakan maka akan membuat manusia hidup lebih baik.

Obat herbal tiroid

Penyakit memang tidak bisa dihalau bila kondisi tubuh memang tidak sehat seperti biasanya dan tentunya hal ini sangat merugikan semua pihak bagi si penderita dan juga orang-orang yang ada disekitarnya.  Salah satu penyakit yang patut diwaspadai adalah penyakit kelenjar tiroid yakni penyakit yang menyerang bagian leher lebih tepatnya pada kelenjar tiroid atau leher bagian depan.

Penyakit ini memang tidak banyak dikenal oleh banyak orang namun fisiknya sangat mudah diliat yang berbentuk benjolan yang cukup besar di leher si pasien. Adapun gejala dari penyakit ini diantaranya adalah

  1. munculnya benjolan pada dinding leher
  2. si penderita mengalami kesulitan bernafas
  3. suara tiba-tiba serak
  4. mengalami kegugupan
  5. mudah sekali merasakan lelah
  6. gampang sekali gemetaran
  7. keringat berlebihan
  8. mata menjadi bengkak dan terasa gatal
  9. pembekakan kelenjar getah bening
  10. peningkatan berat badan yang tidak beraturan
  11. denyut jantungpun berdetak tidak teratur
  12. terasa kedinginan

Ketika seseorang menderita tiroid, ada yang mengambil pengobatan secara medis dengan teratur check up ke dokter dan ada pula yang mengambil jalan lain berupa pengobatan alternative yang mengutamakan obat herbal dari bahan bahan alami. Untuk pengobatan konvensional ke dokter, anda tidak perlu khawatir karena dokter akan menyediakan segala obat-obatan yang anda perlukan.

Tetapi saat ini banyak orang yang enggan untuk berobat ke dokter. Banyak alasan yang mendasarinya, mulai dari tidak adanya kemampuan financial yang cukup hingga tidak percaya dengan kemampuan dokter dan obat kimia itu sendiri. Sebagai alternativenya saat ini ada beberapa obat herbal untuk menyembuhkan penyakit tiroid diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. kulit manggis

kulit manggis memang cukup dikenal dalam dunia kesehatan karena manfaatnya yang tidak bisa ditolak oleh manusia diantaranya dipercaya dapat mengobati kanker, senyawa dalam kulit manggis mampu melawan penyakit tiroid ini.  Selain itu kulit manggis juga berguna untuk menurunkan demam dan tekanan darah. Bila anda repot untuk mengolat si kulit manggis ini jangan khawatir saat ini bnyak beredar obat herbal yang mengandung ekstrak kulit manggis yang aman dikonsumsi oleh tubuh.

  1. Daun sirsak

Daun sirsak ternyata juga membawa keberkahan sendiri bagi tubuh manusia karena di dalam daun sirsak sendiri terdiri dari senyawa acetogenins yang memiliki kehebatan 10.000 kali lipat dalam hal menghambat sel kanker  yang menyerang kelenjar tiroid.  Daun sirsak bahkan lebih hebat melawan sel kanker  ini ketimbang menggunakan kemoterapi. Bagi pasien yang ingin mengkonsumsi daun sirsak, tidak perlu khawatir lagi karena saat ini sudah banyak obat – obat herbal yang berbahan dasar ekstrak daun sirsak.

Pengobatan herbal memang khasiatnya tidak dapat dirasakan secara instan namun  perlu diingat bahwa anda juga perlu mengatur gaya hidup anda agar  penyembuhan dapat dirasakan secara optimal. Anda bisa memulainya dengan lebih mengatur makanan yang anda konsumsi setiap harinya, seimbangkan kandungan gizi makanan anda serta berolahragalah yang teratur dan jangan berlebihan. Cukupkanlah istirahat anda dan jangan memicu stress.

Herbal Untuk Ginjal

penyakit ginjal seringkali disebabkan oleh diet (pola makan) dan gaya hidup yang tidak sehat? Terlalu sering menahan buang air kecil, jarang berolahraga, kurang minum air mineral, mengonsumsi alkohol, terlalu banyak mengonsumsi garam dan zat kimia yang seringkali terdapat pada makanan atau minuman, dan terlalu banyak mengonsumsi kalsium yang tidak sepenuhnya larut yang akhirnya mengendap dalam ginjal dan membentuk apa yang sering disebut sebagai batu ginjal. Ada beberapa jenis penyakit ginjal, beberapa yang paling terkenal adalah gagal ginjal dan ginjal batu.

Gagal ginjal merupakan penyakit dimana ginjal tidak mampu berfungsi seperti seharusnya. Sebenarnya, ginjal akan mengalami penurunan performa hingga sepuluh persen saan berusia antara 30 hingga 20 tahun disebabkan oleh kurangnya minum air putih dan beberapa alasan lainnya. Gejala pada gagal ginjal adalah kelelahan, terlalu sering buang air kecil, sakit saat buang air kecil, dan lain-lain. Bila gagal ginjal terjadi, maka diperlukan adanya transplantasi ginjal.

Ginjal batu atau batu ginjal merupakan penyakit dimana terdapat batu-batu di dalam ginjal seseorang. Ada dua jenis batu yang terdapat dalam ginjal tergantung dari apa batu itu tersusun, yaitu batu kalsium dan batu asam urat. Seperti namanya, batu kalsium terbentuk karena adanya endapan kalsium di dalam ginjal yang mengkristal. Sedangkan batu asam urat disebabkan oleh air kemih yang mengandung kadar asam urat yang tinggi dikarenakan konsumsi daging merah, keluarga unggas, dan ikan yang berlebihan.

Untuk pencegahan maupun pengobatan penyakit batu ginjal, dibutuhkan konsumsi air mineral dan istirahat yang cukup serta diet makanan yang tepat. Selain itu, ada beberapa tanaman herbal yang dapat meringankan maupun membantu penyembuhan penyakit ginjal seperti Daun Sukun, Kumis Kucing, dan Akar Alang-alang.

  1. Daun Sukun

Daun Sukun adalah daun dari Pohon Sukun yang memiliki nama binomial Artocarpus altilis. Meski selama ini, buah Sukun lebih terkenal sebagai makanan tinggi karbohidrat yang banyak dikonsumsi masyarakat, ternyata daunnya pun memiliki manfaat. Biasanya, daun sukun digunakan untuk mengatasi pegal-pegal pada kaki dengan merendam kaki pada air rendaman daun sukun.

Untuk mengobati penyakit ginjal, sediakan 15 gram daun sukun kering yang sudah dibersihkan. Rebus daun sukun dalam satu gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, saring air rebusan daun sukun tersebut dan minum selama dua kali sehari dengan ditambahkan madu atau gula batu. Konsumsi ramuan ini selama sepuluh hari dengan tidak mengonsumsi makanan-makanan yang dapat memperparah penyakit ginjal seperti daging merah, bayam, dan kangkung.

  1. Kumis Kucing

Kumis kucing atau pemilik nama binomial Orthosiphon aristatus merupakan tanaman obat yang juga sering dijadikan tanaman hias karena bunganya yang cantik. Tanaman yang berasal dari Afrika tropis ini biasa tumbuh pada tanah yang berhumus. Daun dari tanaman ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti masuk angin, rematik, batu ginjal, dan lain-lain. Untuk mengobati batu ginjal, diperlukan 3 genggam daun Kumis Kucing segar yang telah dibersihkan dan 5 lembar daun Keji Beling. Rebus bahan-bahan dalam 2 gelas air hingga tersisa setengah air rebusan saja. Minum dua kali sehari.

  1. Akar Alang-alang

Alang-alang atau pemilik nama binomial Imperata cylindrical adalah tanaman sejenis rumput yang berdaun tajam. Alang-alang sering digunakan sebagai obat flu, asma, diare, ginjal, dan lain-lain. Untuk membuat ramuan Alang-alang, dibutuhkan 100 gram akar alang-alang yang telah dibersihkan, setengah genggam daun kumis kucing, dan setengah genggam daun meniran. Rebus semua bahan dalam 5 gelas air hingga menyusut setengahnya. Saring ramuan yang telah dingin dan minum satu gelas selama tiga kali sehari sampai batu keluar.

Obat Herbal Untuk Kanker

Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus ataupun bakteri yang mengakibatkan kerusakan sel sehingga penderitanya juga dapat mengalami kematian bila tak segera tertangani. Penyakit ini memang sulit terdeteksi kecuali melakukan tes secara menyeluruh terhadap tubuh anda.

Pengobatan yang biasa dilakukan untuk penyakit ini diantaranya adalah metode kemoterapi yang efek sampingnya sangat berat hingga menimbulkan kerontokkan rambut, metode radiasi, metode imunitas yang mengedapkan kekebalan tubuh untuk melawan sel kanker danlain sebagainya.

Jenis kanker juga beragam namun hamper bisa menyerang organ seluruh tubuh mulai dari otak hingga usus.  Bila anda menggunakan herbal untuk pengobatan anda biasanya anda disarankan untuk mengonsumsi bahan herbal yang mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Beberapa herbal kanker yang telah dikenal masyarakat diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sirsak

Buah dengan nama latin graviola sintetis ini memang dikenal sangat  identik sebagai hebal kanker karena menghancurkan sel kanker sehingga dahulunya di the national cancer institute pada tahun 1976 kandungan dari buah yang bernama sirsak ini mulai diteliti dan membuktikan batang dan daunnya sangat bermanfaat bagi penderita kanker. Anda juga dapat menemukan obat herbal ini dalam bentuk kapsul yang terjual bebas dipasaran. Selain kanker buahnya juga mampu menyembuhkan rematik, sakit jantung dan beberapa kanker seperti Usus Besar, Payu Dara, Prostat, Paru2, dan Pankreas.

  1. Kunyit putih

Anda mungkin sudah familiar dengan jenis tanaman ini yang ternyata membawa beragam manfaat bagi tubuhh anda. Tanaman yang memiliki aroma seperti mangga ini mampu menyembuhkan penyakit kanker dan tumor yang  menyerang tubuh anda. Di dalam kunyit putih erdapat zat ribosome inacting protein atau RIP yang mampu menonaktifkan pertumbuhan sel kanker, sebagai zat antioksidan dan anti peradangan. Bila anda ingin menggunakannya dalam pengobatan andamaka anda cukup memasaknya dengan setengah gelas air panas lalu mengendapkannya dan meminum airnya. Tanaman ini juga mampu menyembuhkan jerawat, bisul dan maag.

  1. Benalu

Selain sirsak dan kunyit putih benalu juga mampu menghambat kanker sehingga banyak yang meminumnya setelah melakukan kemoterapi agar efek samping dari  kemoterapi sendiri  dapat hilang. Cara untuk mengknsumsinya cukup dengan merebusnya dan meminum air rebusannya setiap hari agar efeknya segera dirasakan oleh tubuh anda.

  1. Keladi tikus

Tanaman satu ini memang sangat dikenal mampu menyembuhkan segala macam penyakit tanpa kecuali kanker.  Tanaman ini bahkan telah diuji di Malaysia dan telah dipasarkan untuk jenis ekstrak keladi tikus dalam bentuk kapsul disana karena manfaatnya yang mampu menyembuhkan penyakit kanker.

Selain tanaman yang disebutkan diatas ada juga tanaman lain seperti daun dewa, mengkudu dan daun  ceremai yang dikenal sebagai herbal kanker. Bila anda menggunakan metode ini dalam pengobatan anda maka jangan lupa untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan kedepannya. Anda juga perlu mengatur pola hidup sehat anda lebih baik karena penyait kanker sendiri terjadi bukan hanya karena factor keturunan namun juga karena kurang baiknya kita menjaga pola hidup kita setiap harinya.