Serapan Anggaran Oleh Kementan Diapresiasi DPR

Mediatani.com – Dalam Rapat Kerja dengan Komisi IV DPR-RI, Menteri Pertanian (Mentan) mendapat apresiasi dari pihak anggota dewan terkait dengan upaya serapan anggaran, yang dilakukan oleh pihak Kementerian Pertanian (Kementan). Dalam rapat tersebut dibahas juga secara mendetail, terkait dengan realisasi anggaran 2015 dan rencana anggaran 2016.

Langkah refocusing anggaran Rp 4,3 triliun menjadi poin penting yang dilakukan oleh pihak Kementan. Sementara itu, untuk TA 2015 anggaran Kementan yang mencapai Rp 32,7 triliun sanggup direalisasikan sebesar 87,63 persen (Rp 28.6 triliun). Untuk diketahui, serapan Kementan termasuk yang terbesar diantara Kementerian dan Lembaga lainnya.

Sementara untuk anggaran 2016, anggaran Kementan diperkirakan mencapai Rp 31,5 triliun. Tak hanya itu, dalam raker itupun dibahas tentang pengalokasian dana refocusing Kementan yang mencapai Rp 4,3 triliun. Tujuan refocusing tersebut bertujuan untuk mempertajàm program usungan Kementan agar target bisa tercapai. Pengàlokasian dana refocusing itu sesuai dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo kepada Menteri Pertanian.

“Serapan anggaranya cukup bagus dan itu yang kita harapkan, peningkatan produksi hasil pangan harus diutamakan,” ungkap Andi Akmal, anggota komisi IV DPR RI, dari Fraksi PKS, di Senayan, Jakarta.

Andi juga memberikan apreasiasinya atas upaya penanggulangan permasalahan pertanian yàng dilakukan oleh Mentan akhiŕ akhir ini. “Kami mengapresiasi upaya-upaya yang dilakukan Mènteri bersama jajarannnya dalam meningkatkan kemandirian pangan,” demikian katanya.

Selain itu, Andi berharap, agar dalam program anggaran 2016 upaya penyerapan anggarannya harus lebih tepat sasaran lagi, demi peningkatan produksi pangan. “Kita berharap di tahun 2016 serapan anggarannya jauh lebih baik dari tahun kemarin,” pungkasnya.

/JN