200 SMK Pertanian, Kemaritiman, Pariwisata dan Infrastruktur Akan Dibangun Tahun 2015 Ini

Anies Baswedan

MediaTani – Sedikitnya ada 200 SMK bidang kemaritiman, pertanian, pariwisata, serta infrastruktur akan segera dibangun pemerintah tahun 2015 ini. Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah akan mempercepat realisasi rencana pembangunan sekolah menengah kejuruan (SMK) tersebut.

“Tadi kami bicarakan adalah bagaimana percepatan pembangunan SMK-SMK untuk menopang rencana-rencana program, terutama di areal pertanian, infrastruktur, kemudian pariwisata dan kemaritiman, jadi kita diskusikan bersama Pak Wapres,” kata Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan, di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Senin (2/3/2015).

Anies Baswedan menerangkan bahwa pembangunan SMK tersebut akan disesuaikan dengan bidang yang menjadi fokus pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, yakni sektor maritim, pertanian, pariwisata, dan infrastruktur. Namun, ia mengaku belum bisa merinci berapa jumlah SKM yang akan dibangun untuk masing-masing bidang tersebut.

“Nanti sesudah dapat per bidangnya kami akan sampaikan, sekarang baru gelondongannya dulu,” terang Anies.

Dalam 7 hingga 10 tahun ke depan diperkirakan pendapatan Indonesia akan lebih banyak berasal dari sektor pariwisata. Sedangkan mengenai anggaran untuk pembangunan 200 SMK tersebut belum dibicarakan. Kemendikbud masih akan membahas lebih lanjut mengenai tenaga pengajar yang akan ditempatkan pada SMK-SMK yang dibangun nantinya.

“Kalau kita bicara mengadakan institusi baru, pastinya harus ada soft infrastruktur nya,” tutup Anies.