6 Tanaman Dengan Buah Aneh

MediaTani.com – Menikmati buah-buahan adalah aktivitas yang sehat dan menyegarkan. Kandungan vitamin dalam buah sangat membantu manusia untuk hidup lebih sehat. Tanaman buah pun sangat beragam jenisnya. Uniknya, tanaman buah bisa tampil bahkan memiliki rasa yang berbeda jika berasal dari daerah yang berbeda pula.
Perbedaan rasa buah tersebut sangat dipengaruhi oleh iklim mikro dimana tanaman tersebut tumbuh. Bukan hanya rasa atau ukuran buah saja yang berbeda-beda. Kali ini kami sajikan hasil penelusuran kami mengenai tanaman dengan bentuk buah yang berbeda dari sewajarnya.

1.TomTato

Tanaman ini berbuah unik karena sepintas tanaman tersebut hanyalah tomat. Akan tetapi jika dicabut maka akarnya adalah umbi kentang yang sangat besar dan bisa dinikmati. Buah tomat berumbi kentang Inovasi yang luar biasa unik ini merupakan hasil percobaan dan penelitian dari Thompson dan Morgan. Dan ini merupakan hasil inovasi dengan riset yang butuh ketelitian dan kesabaran yang cukup luar biasa, lalu ia menamainya Tomtato.
Nama Tomtato juga cukup mengundang perhatian. Orang yang mendengarnya tentu langsung menebak Tomato (tomat) dan Potato (kentang) tapi tak bisa membayangkan bahwa dua buah tomat dan kentang ini berada dalam satu pohon yang sama. Yang tidak kalah dahsyatnya lagi ialah tanaman ini bisa berbuah lebat hingga 500 buah tomat di atas dan umbi kentang yang berukuran besar di bawahnya.

2. Jabuticaba

Pohon ini dikenal dengan nama Jabuticaba yang tumbuh di Minas Gerias dan Sao Paulo pada wilayah selatan Brazil. Buah-buah ini tumbuh langsung daribatang dan cabang pohon, sehingga menjadikan pohon Jabuticaba ini memiliki penampilan yang tidak biasa.
Dilansir dari Reuters, pohon tersebut jika dilihat dari jauh, batang pohon tersebut seperti dihinggapi ratusan serangga berwarna hitam. Sebenarnya buah dan bunga anggur ini hanya tumbuh satu atau dua kali dalam setahun. Tapi jika terus diairi maka bisa berbunga lebih sering hingga sepanjang tahun untuk yang tumbuh di wilayah tropis. Tak ayal, pohon dengan nama latin Plinia cauliflora ini populer di Brazil karena hanya tumbuh di negara tersebut.
Sementara itu, anggur ini bentuknya kecil dan bulat berukuran 3-4 cm yang tebal dengan kulitnya yang berwarna ungu. Memiliki daging kenyal warna pink atau putih, anggur ini rasanya manis dan banyak dijual pedagang di pinggir jalan saat musimnya tiba. Anggur ini bisa difermentasikan sebagai minuman wine atau dijadikan selai selain dinikmati sebagai buah segar.

3. Pollia condensata

Buah unik ini berbentuk aneh, buah dari Pollia condensate terlihat seperti metalik sehingga sepintas bagaikan manik-manik yang berkilau. Buah-buah kecil sekeras batu ini adalah buah dari Pollia condensata, tanaman liar yang tumbuh di hutan-hutan Ethiopia, Mozambik, Tanzania dan negara-negara Afrika lainnya, tidak dapat dimakan mentah, dimasak atau dijadikan minuman.
Di Uganda Barat dan di tempat lain, buah seperti logam kecil ini telah lama digunakan untuk tujuan dekoratif karena properti nya yang tidak biasa: Buah-buah ini berwana biru vibrant dan dapat hidup (terus berwarna biru) selama bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun setelah mereka dipetik dari pohonnya. Sebuah spesimen di Kebun Raya Kew di London yang dipetik di Ghana pada tahun 1974, sampai sekarang masih mempertahankan warna warni birunya.
Tim peneliti dari Kew, University of Cambridge dan Smithsonian Natural History Museum memeriksa P. condensata pada tingkat sel, mereka menyadari bahwa buah menghasilkan karakteristik warna melalui pewarnaan struktural, sebuah fenomena yang terdokumentasi dengan baik dalam kerajaan hewan, tetapi hampir tidak dikenal pada tanaman. Mereka memutuskan bahwa jaringan buah ini berwarna lebih intens daripada semua jaringan biologis yang pernah dipelajari sebelumnya. Jaringan buah ini memantulkan 30 persen cahaya, dibandingkan dengan cermin perak, sehingga lebih intens daripada warna sayap kupu-kupu Morpho yang terkenal.

4. Indigorose

Uniknya tanaman ini adalah buah tomat tidak berwarna merah seperti biasa, buahnya berwarna hitam. Sehingga tomat ini sering disebut tomat hitam. Awalnya tanaman “Indigo rose” ditumbuhkan di dalam rumah kaca. Saat baru tumbuh, warnanya hijau seperti tomat normal. Namun, alih-alih merah, warnanya menghitam saat tomat mulai matang. Adalah Jim Myers, profesor di University of Oregon, yang menggagas ide itu. Ia berinisiatif menciptakan tomat hitam, setelah seorang mahasiswa tertarik dengan manfaat kesehatan tomat.
Selain berbeda secara fisik, tomat hitam juga lebih sehat dibanding tomat merah. Para ilmuwan di Amerika Serikat mengatakan, tomat hitam mengandung anthocyanin dan antioksidan yang membantu memerangi diabetes dan obesitas.Sutton Seeds dari Devon merupakan perusahaan yang memprakarsai “Indigo Rose”. Tomat hitam ini mulai dipasarkan di Inggris sejak 2014 Silam.

5. Pineberries

Buah unik yang satu ini adalah tanaman strawberry dengan buah yang berwarna putih. Sehingga sering juga disebut sebagai strawithe. Yang lebih tak lazim lagi ialah variasi lain strawberry ini bukan hanya warnanya putih, tapi rasanya justru mirip nanas.
Itulah sebabnya nama strawberry putih ini disebut Pineberries. Nama tersebut perpaduan dari Pine (nanas) dan Strawberry itu sendiri. Buah pineberry memang masih langka dan sulit dijumpai di Indonesia. Buah ini berasal dari Amerika Selatan dan merupakan buah liar. Sempat hampir punah, namun dibawa ke Perancis untuk dikembangkan. Hingga akhirnya pineberry menjadi buah komersial dengan banyak penggemar dari seluruh dunia, terutama Eropa.

6. Nareepol

Pohon yang satu ini berbuah sangat aneh. Buahnya menyerupai perempuan sehingga terlihat ada banyak boneka perempuan menggantung di pohon tersebut. Nama pohon tersebut adalah nareepol. Nama tersebut berasal dari bahasa sansekerta berarti Tanaman Wanita, Naree berarti wanita, dan pol berarti tanaman atau pohon.
Pohon ini berlokasi di daerah petchaboon kira kira 500 km dari kota bangkok thailand. Banyak juga yang menerangkan bahwa tanaman ini tumbuh di Lereng Himalaya. Tanaman nareepol berbunga dan berbuah 20 tahun sekali.