Aher Berharap Subsidi Pertanian Dapat Terus Ditingkatkan

Mediatani.com – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) meminta agar keberpihakan bangsa ini terhadap para petani pangan terus ditingkatkan. Hal tersebut diungkapkan Aher dalam dialog bersama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Jaya Makmur Kelurahan Cisurupan, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Minggu (15/5/2016),

Menurut Aher, salah satu cara untuk meningkatkan produksi dan untuk lebih memajukan para petani, yakni dengan cara meningkatkan subsidi bagi mereka. Hal ini merupakan cara agar bangsa ini bisa lebih berpihak dan lebih menghargai para pahlawan kedaulatan pangan tersebut.

“Tidak ada kalimat lain untuk menyukseskan padi, kemudian masyarakat petani juga terus ada yang mau menanam padi. Penyelesaiannya di negara maju maupun di negara berkembang harus satu kata. Yaitu keberpihakan pemerintah dengan subsidi besar-besaran untuk pertanian pangan. Nggak ada kata lain kelihatannya,” ungkap Aher di hadapan ratusan para petani yang tergabung dalam Gapoktan Jaya Makmur itu.

“Mudah-mudahan ke depan subsidi pertanian tanaman pangan dari pemerintah lewat wakil kita di DPR RI terus diperbesar, sehingga bisa menyelamatkan tanaman pangan disamping kedaulatan pangan terselesaikan, pada saat yang bersamaan si petani bukan saja pejuang kedaulatan pangan tapi pejuang kedaulatan pangannya mendapatkan kesejahteraan,” papar Aher.

Selain itu, pada kesempatan ini Aher juga mengajak para petani agar bisa memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bercocok tanam. Hal ini menurut Aher penting untuk meningkatkan hasil produksi serta kemampuan petani dalam mengolah serta memasarkan hasil pertaniannya.

“Tapi yang jelas mari kita dekati pertanian kita dengan ilmu pengetahun dan teknologi, supaya hasilnya lebih baik lagi. Yang kemudian dengan teknologi ternyata perikanan juga menjadi bagus kemudian buah-buahan melalui holtikultura juga menjadi lebih bagus,” tutur Aher.

Aher mencontohkan salah satu kelompok peternak Ikan Koi yang ada di Kabupaten Cianjur. Kelompok tersebut memanfaatkan media internet untuk mempromosikan berbagai jenis ikannya, karena dipasarkan oleh salah satu mahasiswa Fakultas Ekonomi yang awalnya hanya mengunjungi tempat tersebut. Alhasil, saat ini tempat tersebut ramai diserbu para pecinta Ikan Koi terutama di akhir pekan.

Sebelumnya, Aher pun sempat mengunjungi serta menabur benih padi di lahan abadi pertanian milik Pemerintah Kota Bandung di lokasi yang sama. Lahan abadi ini mencapai 32,8 hektar dan biasanya hasil produksinya digunakan untuk menyuplai kebutuhan beras di Kota Bandung. Rencananya, kawasan ini pun nantinya akan dikembangkan menjadi daerah agrowisata.

Turut hadir dalam acara dialog ini Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo, Kepala Badan Ketahan Pangan Kementerian Pertanian RI, Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat, Unsur Muspika Kecamatan Cibiru, Ketua Gapoktan Jaya Makmur serta jajaran pengurus dan anggotanya, serta para petani Gapoktan dari berbagai daerah seperti Majalengka dan Sumedang.