Apa Itu Angka Ramalan Produksi Padi

Mediatani.com – Pada acara workshop wartawan dan pengguna data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Narasumber acara, Dwi Prawoto mengatakan, sangat penting untuk mengenal Angka Ramalan (Aram) produksi padi. Acara yang digelar di ballroom Hotel Emerald Garden ini ramai diikuti para jurnalis ataupun wartawan se-Kota Medan, Selasa (3/11/2015).

Dijelaskannya, untuk menghitung Aram produksi padi, harus melaksanakan cara perhitungan produksi pertanian yang sama agar diperoleh hasil yang seragam. Selain itu, mengusahakan cara perhitungan produksi pertanian yang tepat untuk dapat digunakan secara nasional.

“Ini koordinatornya BPS, perhitungannya harus sama untuk menghasilkan yang seragam. Departemen Pertanian dan BPS, melihat luas panen, produktivitas dan hasil produksi,” ujarnya.

Menurutnya, pendekatannya harus melalui area dan bulanan. Seluruh petugas kecamatam harus mengumpulkan data yang valid.

“Data pokok yang dikumpulkan petugas itu, ya luas tanam, panen, puso, dan luas tanaman akhir bulan. Ini harus dilakukan dengan teliti dan secara berkesinambungan, atau berkelanjutan dengan waktu yang ditentukan,” ungkapnya.