Aplikasi Mobile Untuk Petani Pertama Di India

Mediatani.com – Pemerintah India telah meluncurkan dua aplikasi mobile yang akan membantu petani mendapatkan informasi yang berkaitan dengan asuransi tanaman dan harga komoditas pertanian-di tempat dan lokasi penjualan komoditas yang berbeda-beda di seluruh negeri.

Aplikasi yang dinamai The AgriMarket dan Crop Insurance itu dikembangkan secara in-house oleh divisi IT dari kementerian pertanian dan dapat didownload dari Google Store atau Portal mKisan.

“Pemerintah menghabiskan sejumlah besar (dana) dalam memperluas asuransi tanaman kepada petani. Karena alasan administrasi dan teknis, banyak informasi yang berkaitan dengan asuransi tanaman belum mampu menjangkau petani pada saat ia dapat mengambil keuntungan melalui skma yang ada. Aplikasi mobile ini akan memberikan rincian lengkap mengenai asuransi tanaman, “kata Menteri Pertanian Radha Mohan Singh setelah peluncuran aplikasi tersebut, seperti diberitakan Time of India (25/12).

Menurutnya, petani bisa mendapatkan informasi yang berkaitan dengan asuransi tanaman yang tersedia, juga bagaimana menghitung premi untuk tanaman berdasarkan wilayah, serta jumlah cakupan dan jumlah pinjaman. Petani juga bisa mendapatkan rincian dari jumlah yang normal diasuransikan, uang pertanggungan yang diperpanjang dan informasi area-area dari setiap tanaman yang disubsidi.

Secara lebih rinci, aplikasi Agri Market juga bertujuan menjaga petani agar mengikuti harga tanaman dan mencegah para petani Menyoroti rincian aplikasi AgriMarket, Menteri mengatakan telah dikembangkan dengan tujuan untuk menjaga petani mengikuti harga tanaman dan mencegah mereka untuk menjualnya dalam keadaan sulit.

Dengan menggunakan aplikasi Agri Market, lanjutnya, petani bisa mendapatkan informasi yang berhubungan dengan harga tanaman di pasar dalam jarak 50 km dari lokasi perangkat mereka.

Aplikasi ini secara otomatis menangkap lokasi petani bila menggunakan GPS ponsel dan mengambil harga pasar tanaman di pasar yang berada dalam radius jarak 50 km.

Ada pilihan lain untuk mendapatkan harga dari pasar manapun atau tanaman apapun dalam hal petani tidak ingin menggunakan fitur GPS, lanjut Singh. Harga komoditas pertanian yang diperoleh bersumber dari portal Agmarknet. Saat ini, aplikasi ini tersedia dalam bahasa Inggris dan Hindi bahasa.

Times of India