Beras Lokal Lebih Berkualitas Dibanding Beras Impor

Mediatani.com – Impor beras yang dilakukan pemerintah sebanyak 1,5 juta ton tak mempengaruhi para pedagang pasar. Menurut pedagang, beras lokal jauh lebih berkualitas ketimbang beras impor.

“Harga beras saat ini yang paling bagus Rp 9.900 Kalau memang ada (beras) impor saya mending tidak (jual) impor, memang harga lebih murah impor tapi kualitas beras lebih bagus punya kita,” ujar pedagang beras, Herman saat ditemui di Pasar Beras Cipinang, Kamis (29/10).

Dia mengaku tak bakal menjual beras impor sepanjang pasokan dalam negeri mencukupi. Dia juga mengatakan ketersediaan beras yang dijual sudah cukup hingga akhir tahun.

Lebih lanjut, Herman menambahkan para pembeli lebih memilih beras lokal ketimbang beras impor.

“Ada beras impor ada juga yang ambil keuntungan. Belinya murah belum tentu jualnya murah juga,” ujar Herman.

Sebelumnya, ibarat pertandingan sepak bola, Presiden Joko Widodo sudah tertinggal satu gol atas impor beras. Badan urusan Logistik (Bulog) mengisyaratkan bakal segera mendatangkan beras dari negara lain.

Sedianya Vietnam siap memasok sekitar 1,5 juta ton beras ke Tanah Air. Lantaran keterbatasan waktu impor beras ditetapkan Jokowi, Negeri Paman Ho itu hanya mampu menyediakan 1 juta ton beras.

“Kapasitas loading mereka tidak cukup menampung beras yang dibutuhkan Indonesia. Pelabuhan mereka terbatas,” kata Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti, Jakarta, awal pekan ini.

Makanya, Bulog juga berencana mendatangkan 500 ribu ton beras dari Thailand. Namun, lantaran harga dinilai masih kelewat mahal, Bulog juga menjalin komunikasi dengan Myanmar, Kamboja, dan Pakistan.