BPS: Harga Gabah Turun Selama Bulan Juli

Jakarta, Mediatani.com – Para petani di sentra-sentra penghasil padi kawasan pantura Kabupaten Subang, Jawa Barat, mengeluhkan harga gabah hasil panen musim rendeng ini, anjlok.

Benar saja, dari laporan Badan Pusat Statistik (BPS) harga gabah bulan Juli 2016 ini mengalami penurunan untuk Gabah Kering Panen (GKP) mengalami penurunan sebesar 2,79% atau saat ini harganya Rp 4,376/kg dan untuk Gabah Kering Giling (GKG) juga mengalami penurunan sebesar 0.92% atau Rp 5.380/kg.

Padahal pada bulan Juni 2016 kemarin, harga GKP di tingkat petani naik 4,17% menjadi Rp 4.400/kg. Sedangkan harga GKG di tingkat petani naik 0,65% menjadi Rp 5.510/kg.

“Kami duga, harga gabah Juli menurun kan menurut BMKG akan ada kemarau, jadi dimanfaat lagi oleh petani menanam gandum,” Ungkap Kepala BPS Suryamin di Kantornya Jakarta, Senin (1/8/2016).

Meski begitu, kata Suryamin, penurunan harga gabah bulan Juli ini tidak terlalu drastis. Menurut Suryamin, saat ini cuaca masih sangat bagus meskipun ada ancaman la-nina.

“Sekarang turunnya enggak terlalu drastis karena cuaca bagus, jadi harus disosialisasikan bahwa akan ada kemarau panjang, karna September-Desember akan ada musim hujan lagi,” tandasnya.

(JA)