Buah Durian Yang Matang Itu Seperti Ini

MediaTani.com Bagi yang suka menyantap buah durian pastilah sangat menantikan musim durian tiba. Ya, Buah durian memang adalah salah satu buah musiman. Masa Panen Buah Durian sering jatuh pada bulan januari – februari. Bahkan dalam kondisi tertentu durian mudah kita jumpai pada pertengahan tahun yakni bulan Juli – september.

Aroma durian yang susah hilang dari ingatan bahkan terasa menempel dan menyengat di hidung kadang membuat orang tidak menyukainya. Tetapi satu hal yang pasti bagi penggila buah ini tidak ingin kecewa pada saat membeli durian baik dari pedagang di pasar atau yang ada di tepi-tepi jalan. Secara sederhana sangatlah mudah untuk menguji kualitas buah durian yang dijajakkan. Tanyakan kepada si penjualnya apakah buah durian yang dijualnya bagus apa tidak, lalu ancam dia untuk digantikan jika tidak bagus kemudian perhatikan bagaimana responnya. Tetapi itu butuh ilmu psikologi yang dalam untuk memahaminya.

Nah, lebih aman jika sobat mengetahui sendiri bagaimana cara memilih buah durian yang baik. Ada Tips buat sobat cara memilih buah durian yang baik dari duniabaca berikut ini:

  1. Pilihlah durian yang bentuknya bulat.bentuk bulat menandakan daging buahnya besar dan banyak.durian lonjong atau tidak bulat biasanya hanya memliki daging buah sedikit.
  2. Pilihlah durian berjuring lima.buah durian memiliki juring (kamar-kamar) yang diisi biji dan daging buah juring bisa dilihat dari permukaan kulitnya, berupa garis dari bagian atas sampai bagian bawah buah-buah durian yang ideal memiliki lima juring karena daging buah biasanya lebih banyak ketimbang durian yang memiliki 6 juring atau lebih.
  3. Jangan memilih durian yang sudah terbuka kulitnya.perhatikan bagian bawah durian,apakah sudah terbuka atau belum.bila sudah terbuka atau menganga,berarti durian sudah “masuk angin” dan rasanya hambar.
  4. Pilihlah durian yang wangi.bau wangi menandakan bahwa durian telah itu matang.tapi jangan terkecoh bau wangi yang bukan dari dalam buah.pedagang kadang mencimpratkan sisa air kobokan durian ke permukaan kulitnya supaya durian itu wangi.
  5. Saat membeli pukul pukul durian dengan gagang pisau untuk mengetahui matang atau tidaknya durian.jika terdengar suara “bluk-bluk” bergema,itu tandanya durian sudah matang.tapi bila terdengar bunyi “plek-plek”itu tandanya durian belum matang
  6. Pilih durian yang tangkainya pendek atau lebar.bentuk tangkai bisa menggambarkan tipis atau tebalnya daging buah.jika ia kecil dan panjang biasanya dagingnya kecil dan sedikit.tangkai yang besar dan pendek menandakan daging buahnya banyak.tangkai ini merupakan pembuluh yang menyalurkan karbohidrat dari batang pohon.bila besar dan pendek maka asupan karbohidratnya pun besar dan cepat.daging buah pun semakin besar.
  7. Pilih buah yang durinya jarang dan pendek pendek.ini tanda bahwa daging buahnya kering.bila durinya banyak dan panjang,berarti kandungan airnya banyak sehingga daging buah biasanya lembek dan becek
  8. Pilih buah yang ringan.komponen terberat dari durian selain kulit adalah biji.durian lebih ringan biasanya lebih namyak dagingnya
  9. Jika mungkin,pilihlah durian jatuhan.durian yang jatuh langsung dari pohonnya biasanya sudah matang sempurna.namun tips ini sulit dipraktikan saat kita membeli di pedagang.karena,durian yang dijual adalah durian petik.durian petik memang jauh lebih awet ketimbang durian jatuhan.tips ini bisa dipraktikan jika kita memilih durian langsung di kebun.

Sangat mudah Untuk diaplikasikan bukan? Satu lagi, penulis ingin memberikan Tanda Buah Durian Yang Matang Fisiologis. Hehe, agak ilmiah dikit istilahnya. Begitulah bahasanya sang dosen saat di ruang kuliah dulu. Ini dia tanda buah durian matang fisiologis :

Ciri ciri durian yang matang dan enak dimakan
Ciri ciri durian yang matang dan enak dimakan
  1. Ujung duri berwarna cokelat tua
  2. Garis –garis diantara duri berwarna lebih jelas
  3. Tangkai buah lunak dan mudah dibengkokan
  4. Ruas – ruas ditangkai buah membesar
  5. Buah baunya harum yang khas
  6. Terdengar bunyi kasar dan bergema jika buah di pukul

Sekian dulu Informasi ini, semoga bermanfaat. Jika berkenan, Silahkan disampaikan ke sobat yang lain.(/IA)>>