Bunga-Bunga Indah Yang Mudah Tumbuh Di Rumah

MediaTani – Jenis bunga nan indah sangat mudah kita temui di Indonesia. Letak geografis Indonesia sangat mendukung Tumbuhnya tanaman hias dengan bunga indah dipandang oleh mata. Berbagai spesies bunga introduksi (bukan asli Indonesia) pun dengan mudah dapat ditanam dan dikembangkan di setiap rumah di Indonesia.

Jika sobat ingin memulai membangun taman bunga indah di rumah perlu sobat pahami bahwa masing-masing memiliki karakteristik tersendiri. Ada bunga yang mudah perawatannya dan sebaliknya ada pula jenis bunga yang membutuhkan perawatan yang lebih khusus.

Dengan waktu yang sempit karena aktifitas yang padat, keindahan bunga yang ada di pekarangan / halaman rumah dapat mengurangi ketegangan saat sobat tiba di rumah. Akan tetapi sobat sendiri tidak punya waktu untuk merawat secara intensif tanaman bunga yang sobat miliki.

Redaksi Mediatani.com mencoba untuk memberikan saran agar sobat menanam bunga bunga indah yang mudah tumbuh. Hal tersebut penting agar waktu sobat tidak terkuras untuk mengurus bunga di taman rumah tetapi tetap dapat memenuhi kebutuhan estetika rumah dan kepuasan jiwa sobat.

Berikut Bunga-bunga indah yang mudah tumbuh di rumah :

Bunga Bougenvilee

Bunga bougenville kerap kali disebut sebagai bunga kertas. Tanaman hias dengan berbagai spesies yang dikelompokkan dalam genus Bougainvillea ini berasal dari Amerika Selatan. Namun kini jamak dijumpai di Indonesia lantaran sesuai ditanam di kawasan beriklim tropis dan khatulistiwa dan gampang dalam perawatannya.

Bunga Melati

 

Gambar Bunga Melati Yang Indah

Melati merupakan salah satu bunga yang paling terkenal di Indonesia. Bahkan salah satu jenis melati, Melati Putih (Jasminum sambac) ditetapkan sebagai bunga nasional Indonesia bersama dengan Rafflesia arnoldii dan bunga anggrek bulan. Melati dengan bunganya yang berwarna putih dan berbau harum menjadi salah satu bunga yang paling bandel dan mudah perawatannya. Tanaman perdu ini tidak memerlukan perawatan khusus. Dapat ditanam di halaman maupun di dalam pot. Perhatian yang diperlukan hanya dengan melakukan pemangkasan sekali-kali untuk mengendalikan ukuran tanamannya.

Kembang Sepatu

Gambar Kembang Sepatu Yang Indah

Kembang Sepatu Tanaman bunga yang juga mudah perawatannya adalah kembang sepatu. Nama latin tumbuhan hias ini adalah Hibiscus rosa-sinensis, dan terkadang disebut dengan nama lokal bunga raya (Melayu) dan worawari (Jawa).

Bunga Asoka

Gambar Bunga Asoka Yang Indah

Meskipun bukan bunga asli Indonesia, Asoka cukup populer di Indonesia. Bunga yang memiliki nama latin Saraca indica dan bunga khas ini perawatannya sangat gampang. Tumbuhan ini mampu hidup normal di tempat yang terik (dengan banyak sinar matahari) maupun tempat yang teduh.

Bunga Kenanga

Gambar Bunga Kenanga Yang Indah

Kenanga merupakan salah satu tanaman asli Indonesia. Kenanga yang mempunyai nama latin Cananga odorata ditetapkan menjadi flora identitas provinsi Sumatera Utara. Selain mudah dibudidayakan dan perawatannya, kenanga dengan bunganya yang beraroma harus khas dapat disuling menjadi minyak wangi.

Bunga Kemuning

Gambar Bunga Kemuning Yang Indah

Bunga kemuning merupakan tanaman hias yang berbunga sepanjang tahun. Bunganya harum dan berwarna putih, sedangkan daunnya mirip dengan daun jeruk. Tanaman yang mudah perawatannya ini kerap dijadikan tanaman hias dan tumbuhan pagar.

Bunga Alamanda

Gambar Bunga ALamanda Yang Indah

Bunga alamanda merupakan kumpulan tanaman dalam genus Allamanda, meskipun yang lebih populer di Indonesia adalah spesies Allamanda cathartica. Bunga yang kerap disebut bunga terompet emas, bunga lonceng kuning, atau golden-trumpet ini merupakan tumbuhan yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Tanaman ini tumbuh bergerombol dan mudah berkembang dengan cepat bahkan di dalam pot sekalipun. Meski tidak mengeluarkan aroma yang harum, namun memiliki bunga yang indah, bahkan memiliki beberapa varian warna bunga.


Cara tanamnya sangat mudah. Untuk menghemat, sobat bisa meminta batang untuk disetek dari tetangga yang telah lebih dulu menanamnya. Tatalah dengan baik dan desain taman bunga indah di rumah anda dengan memperhatikan proporsi lahan. Dan akhirnya Taman Bunga Indah ada Di rumah Anda. (TQ)