Cara Budidaya Tanaman Yakon Si Herbal Diabetes

MediaTani.com – Sebelumnya telah diberitakan Roni, seorang pemuda beromzet 150 juta perbulan setelah menggeluti usaha budidaya tanaman Yakon ( teh Insulin ). Budidaya tanaman Yakon di Indonesia memang masih tergolong baru yaitu sekitar 6-7 tahun terakhir. Namun seiring berjalannya waktu permintaan komoditi ini meningkat. Pasalnya, diketahui tanaman yakon sangat berkhasiat dalam mengobati diabetes. [Baca : Omzet Roni 150 Juta Perbulan Lewat Budidaya Tanaman Yakon ]

Kurangnya stok produksi komoditi ini menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan. Herlbal diabetes ini tergolong komoditi yang masih jarang dikembangkan. Cara budidaya tanaman yakon juga masih sedikit banyak yang mengetahuinya untuk hasil panen yang optimal.

Tanaman yakon (Polymnia sonchifolia syn. smallanthus sonchifolius)dapat dijumpai di daerah Bandung, Wonosobo dan Yogyakarta. Tanaman-tanaman Yakon ini dibeli oleh produsen obat herbal yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Pada dasarnya, tanaman yakon sangat mudah ditanam walaupun untuk iklim tanaman Yakon membutuhkan daerah yang lembab berada di ketinggian sekitar 1.000 mdlp-1.300 mdpl. Sama seperti tanaman lainnya, tentu saja tanaman yakon harus rajin dipupuk dengan pupuk kompos serta disiram secara berkala.

Panen daun yakon mulai bisa dipanem setelah dua bulan hingga tiga bulan sekali sejak masa tanam. Selanjutnya daun yakon bisa dipanen setiap tiga minggu sekali. Adapun usia tanaman ini bisa dipanen enam kali hingga delapan kali masa petik.

Meskipun tanaman yakon mudah tumbuh di daerah sejuk, namun bukan berarti tanaman ini tidak bisa tumbuh di daerah yang agak panas. Untuk itu, jika ingin melakukan usaha budidaya tanaman Yakon Insulin di daerah yang agak panas, anda harus menambahkan peneduh baik terpal maupun tanaman untuk melindunginya dari cahaya matahari langsung.

Sebaiknya tanaman yakon ditumbuhkan di atas media tanah yang gembur dengan kandungan hara yang memadai. Namun demikian anda juga bisa melakukannya dengan teknik penanaman dalam polybag atau karung.

Cara budidaya tanaman yakon dengan cara distek seperti menanam singkong. Sebaiknya dalam budidaya tanaman yang disebut juga tanaman insulin ini tidak menggunakan bahan kimia karena bisa mempengaruhi warna daun. Untuk itu sebisa mungkin menggunakan pupuk kandang.

Pada saat menanam, pembudidaya juga harus memperhatikan umbi yakon jangan sampai membusuk karena air. Ini karena pada yakon, komoditi yang bisa diperdagangkan bukan hanya daunnya tapi juga umbinya.

Untuk mendapatkan bibit tanaman yakon, saat ini sudah banyak penjual bibit tanaman yakon baik menjual secara online ataupun langsung.

(DB)