Cara Gampang Membuat Nutrisi Hidroponik Sendiri

Mediatani.com – Nutrisi Hidroponik tidak seperti nutrisi yang diberikan pada tanaman yang dibudidayakan menggunakan media tanah (non hidroponik). Mengingat hidroponik sendiri adalah budidaya tanaman yang tidak lazim. Karena proses pembudidayaannya tidak menggunakan tanah. Oleh karena itu, dalam budidaya hidroponik nutrisi tanaman yang diberikan tidak terikat erat pada media tanah.

Nutrisi hidroponik sangatlah penting, karena inilah satu-satunya sumber hara bagi tanaman hidroponik. Sekalipun tidak begitu mudah, anda bisa membuat nutrisi hidroponik sendiri. Sehingga anda tidak perlu mencari atau membeli lagi nutrisi tanaman hidroponik. Dengan demikian tanaman hidroponik anda dapat tumbuh subur dan sangat produktif serta menguntungkan tentunya.

Cara membuat nutrisi hidroponik memang gampang-susah. Perlu kecermatan dalam menentukan takaran nutrisi hidroponik. Mungkin anda tahu sendiri bagaimana menderitanya tanaman jika diberi asupan nutrisi hara yang berlebih. Bukannya subur, tanaman justru bisa mati karena keracunan unsur hara.

Siapkan alat dan bahan-bahan yang anda punya sekarang juga. Eh, tunggu dulu.. apakah sistem hidroponik yang anda buat sudah betul atau belum? Jika sudah, simak Berikut penjelasan singkat kami mengenai cara membuat nutrisi tanaman hidroponik dengan sederhana, simple, dan mudah.

Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Yang Pertama

Untuk cara membuat nutrisi tanaman hidroponik. alat yang anda perlukan adalah: ember berkapasitas 20 liter, drum berkapasitas 1000 liter, alat pengaduk bisa berupa kayu yang mudah anda temukan, timbangan dan air sumur atau air sungai. Sedangkan untuk bahannya anda membutuhkan: Pupuk KCl sebanyak 1000 gram, Pupuk Urea sebanyak 1000 gram, Pupuk NPKsebanyal 1000 gram dan Pupuk daun gandasil 50 gram.

Cara membuatnya adalah:

  • Campurkan semua bahan yang sudah sesuai takaran ke dalam ember dengan kapasitas 20 liter
  • Masukkan air sumur sebanyak 20 liter ke dalam ember tersebut sedikit demi sedikit sambil terus mengaduknya, hingga tidak ada lagi tersisa endapan pupuk.
  • Setelah tercampur merata, masukan campuran tersebut ke dalam drum yang lebih besar,dan masukan air sumur sisanya. Aduk-aduk kembali hingga merata sempurna. Dan nutrisi hidropnik andapun telah siap untuk digunakan.

Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Yang Kedua

Untuk cara membuat nutrisi tanaman hidroponik yang kedua (untuk 1000 liter larutan air), bahan yang anda perlukan adalah:

Bahan campuran 1 : kalsium nitrat sebanyak 1176 gram, kalium nitrat sebanyak 616 gram dan Fe EDTA sebanyak 616 gram.

Bahan Campuran 2 : kalium dihidrofosfat sebanyak 335 gram, kalium sulfat sebanyak 36 gram, amnonium sulfat sebanyak 122 gram, magnesium sulfat sebanyak 790 gram, zinc sulfat sebanyak 1,5 gram, cupri sulfat 0,4 gram, mangan sulfat sebanyak 8 gram, asam borat 4 sebanyak 4 gram dan amoniumheptamolibdat sebanyak 0,1 gram.

Bahan lainnya berupa air sungai / sumur dan dua wadah untuk masing-masing larutan 1 dan 2 dengan kapasitas 20 liter.

Cara membuatnya adalah:

Larutkan masing-masing bahan campuran 1 dan bahan campuran 2 dalam 5 liter air.Aduk secara perlahan-lahan hingga semua tercampur rata tanpa tersisa endapan, sambil terus menambah sedikit demi sedikit air hingga mencapai masing-masing 20 liter. Dan larutan ini bisa anda jadikan stock agar tidak membuatnya berulang-ulang.

Jika anda ingin membuat 10 liter larutan nutrisi, cukup ambil 200 ml larutan stock bahan campuran 1 dan 200 ml bahan campuran 2. Lalu anda hanya perlu mencampur kedua bahan campuran tersebut kedalam 9600 ml air.

Itulah beberapa cara membuat nutrisi tanaman hidroponik. Seperti yang dibahas sebelumnya, cara meracik nutrisi hidroponik ini tidaklah mudah namun tidak juga terlalu sulit. Yang penting anda memiliki kemauan untuk meraciknya. Dengan begitu anda bisa memiliki pengalaman baru dan menghemat biaya karena harga bahan-bahan tersebut lebih murah dibanding jika anda membeli jadi. Selamat mencoba.