Cara Membentuk Dan Memperbesar Bonggol Tanaman Adenium

MediaTani – Bonggol pada tanaman adenium adalah salah satu sumber estetika tanaman tersebut. Persepsi Keindahan bentuk bonggol juga sangat beragam. Sehingga para pencinta bunga adenium atau bunga kamboja sudah banyak yang mengetahui cara membentuk bonggol tanaman adeniumnya. Kelangkaan bonggol bagus membuat beberapa penggemar bereksperimen merancang bonggol sejak tanaman masih berumur muda. Bonggol muda berukuran 4 smapai 5 cm sudah dapat dibentuk.

Adenium memiliki nilai tambah karena bonggolnya. Orang pun berlomba-lomba menggemukkan bonggol adenium. Celakanya, salah penanganan, tanaman malah busuk. Alih-alih adenium menjadi bagus, malah kadang jadi mampus. Kali ini kami akan bahas mengenai cara membesarkan bonggol adenium secara baik dan benar.

Bonggol adenium adalah bagian akar yang membengkak. Akan tetapi bonggol hanya akan mudah muncul jika perbanyakan tanaman adenium dilakukan dengan menggunakan biji atau bukan stek. Sebab jika dari stek, akarnya sangat kecil dan yang membengkak hanyalah bagian pangkal batangnya saja.

Bentuk bonggol pada tanaman adenium seperti umbi. Sehingga untuk membentuk bonggol adenium yang besar sama halnya memperbesar umbi pada tanaman umbi-umbian. Layaknya manusia, adenium dalam berkembangbiaknya tergantung dari gen indukan.

tanaman herbal dan manfaatnya

Halaman Selanjutnya –>
| 1 | 2 | 3 | 4 |