Cara Membuat Pagar Dari Tanaman

MediaTani – Pagar dari tanaman merupakan salah satu trik untuk menampilkan kesan sejuk dan rindang, sangat cocok untuk desain rumah minimalis. Selain menambah keindahan rumah, pagar tanaman juga berfungsi untuk membuat udara lebih sejuk karena memproduksi gas oksigen dan juga dapat meminimalisir polusi udara yang masuk ke dalam rumah sobat.

Contoh Pagar dari Tanaman, gambar: infogadogado.com
Rumah yang didesain minimalis dengan type kecil di kompleks perumahan kebanyakan tidak memiliki pagar,  padahal sebenarnya pagar memiliki banyak manfaat. Pagar dapat berfungsi untuk pengaman sehingga privasi Sobat lebih terjaga. Terlebih lagi jika sobat membuatnya dari tanaman, Sobat akan mendapatkan fungsi ganda.
Ada banyak cara untuk membuat pagar dari tanaman, Sobat bisa merambatkan tanaman yang merambat seperti sirih merah di antara pagar ataupun juga langsung menggunakan tanaman sebagai pagar. Tanaman yang bisa langsung ditanam untuk menjadi pagar di antaranya bambu-bambuan, duranta atau teh-tehan, dan sebagainya.
Untuk membuat pagar tanaman cantik dan terawat Sobat bisa mencoba Tips Membuat Pagar Tanaman Cantik seperti yang dirilis minimalisrumahdesain berikut ini:
  1. Pemangkasan secara berkala (2-3 minggu sekali), jika pemangkasan dilakukan terlalu jarang cabang cabang tanaman akan menjulur kemana-mana dan menyebabkan tanaman tampak tidak rapi. Pemangkasan juga dimaksudkan supaya tumbuh tunas tunas baru sehingga tanaman tampak cantik.
  2. Pemupukan minimal sebulan sekali. Untuk tanaman berbunga gunakan pupuk NPK (15-25-15) yang memiliki kandungan P tinggi. Sedangkan untuk tanaman daun gunakan pupuk NPK ( 25-15-15 ) dengan kandungan N yang tinggi.
  3. Pemilihan bibit juga mempengaruhi, lebih baik pilih bibit yang masih kecil sehingga lebih mudah diatur dan dibentuk sesuai keinginan.
  4. Penyiraman secara rutin supaya tanaman tumbuh subur dan tidak layu.

Sedangkan Jenis Tanaman yang cocok untuk membuat pagar hidup yang tentu akan menjadikan rumah idaman Sobat tampil asri dan cantik adalah sebagai berikut:
  1. Pohon Bambu – Bambu merupakan salah satu tanaman yang mudah untuk ditanam, dengan bentuk yang cantik Sobat bisa memiliki pagar tanaman yang cantik dengan tanaman ini. Tentu saja bambu yang Sobat tanam adalah jenis bambu hias.
  2. Japanese Holly – Tanaman ini memiliki batang berduri yang tinggi dan cocok untuk dijadikan pagar rumah.
  3. English Ivy – Tanaman ini dipercaya baik untuk penderita asma dan orang yang memiliki alergi debu. Tanaman ini bisa tumbuh dengan cepat, sayangnya tanaman ini agak sulit ditemukan di Indonesia.
  4. American Holly – Tanaman ini memiliki daun yang lebat sehingga menampilkan kesan asri dan hijau yang indah. Tips untuk tanaman ini adalah rajin memangkas sehingga daunnya tertata rapi.
  5. Pakis – Pakis Boston merupakan salah satu pilihan terbaik jika Sobat ingin menaman pakis sebagai penghias pagar Sobat. Daunnya yang rimbun membuat kesan alam yang cantik pada hunian Sobat.
  6. Clementis – Untuk Sobat yang ingin menampilkan kesan ceria di pagar rumah Sobat, Sobat bisa menjadikan tanaman ini merambat pada pagar kayu rumah Sobat. Bunganya yang cantik berwarna ungu akan membuat rumah Sobat tampil cantik.