Cara Mengendalikan Hama Lalat Buah Pada Cabe

MediaTaniTanaman cabe rawit seringkali mengalami penyakit buah rontok dan membusuk. Untuk itu perlu dipahami apa penyebab penyakit pada cabe rawit kita. Penyakit buah rontok dan membusuk pada cabe rawit disebabkan oleh lalat buah.

Penyakit yang menyerang sebelum masak maupun sesudah masak ini sangat mudah ditemukan gejalanya. Kadang kala cabe rawit berwarna cokelat kehitaman atau agak menguning dan pada bagian tertentu dari kulit buah cabai ditemukan bintik hitam yang berukuran sangat kecil.

Hama lalat buah pada cabe dapat dikendalikan. Tetapi yang perlu diingat adalah cara alami mengendalikan lalat buah pada tanaman cabe. Hal tersebut agar kita dapat melakukan pengendalian hama yang ramah lingkungan.

Ketahuilah bahwa secara ekonomis beberapa spesies lalat buah merupakan hama penting yang berasosiasi dengan berbagai buah-buahan dan sayuran tropika.

Dampak dari serangan hama lalat buah adalah produksi dan mutu buah menjadi rendah, bahkan dapat mengakibatkan gagal panen. Jenis lalat buah yang menyerang cabai atau cabe rawit ialah Bactrocera cucurbitae.

Gejala serangan Hama lalat buah pada tanaman cabe adalah buah yang terserang terdapat noda-noda kecil bekas tusukan ovipositor. Kerusakan pada daging buah bagian dalam tidak dapat dilihat, karena permukaan tetap mulus.

Namun, apabila buah cabai dibelah, maka akan terlihat biji-biji berwarna hitam, daging buah busuk, lunak dan ada belatung yang merupakan larva lalat buah.

LANJUT MEMBACA HALAMAN SELANJUTNYA