Cara Menghilangkan Rasa Pahit Pada Daun Pepaya

MediaTani – Menghilangkan rasa pahit pada daun papaya memang jadi salah satu kendala tersendiri bagi orang yang ingin menyantapnya. Padahal manfaat daun papaya sangat banyak sekali, khususnya untuk kesehatan manusia. Daun papaya biasa dikonsumsi oleh dia yang memiliki masalah ambeien yang membutuhkan banyak serat bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi daun pepaya. Namun terdakang karena rasanya yang pahit sehingga kita enggan untuk mengkonsumsinya.

Daun Pepaya Disajikan Dalam Bentuk Jus

Beberapa orang mungkin menyukai rasa pahit yang terdapat dalam daun pepaya, namun tidak sedikit juga yang tidak menyukainya karena rasanya yang sangat pahit. Rasa pahit pada daun pepaya disebabkan oleh kandungan senyawa alkaloid karpainnya (C14H25NO2) yang terkandung di dalamnya.

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan rasa pahit yang terdapat dalam daun pepaya agar lebih nikmat untuk dikonsumsi. Berikut ini beberapa tips yang dapat segera Anda coba dirumah seperti yang dikutip dari vemale.com berikut ini:

Gunakan air garam
Air garam dapat dapat menetralisir getah penyebab pahitnya daun pepaya. Segera ambil daun pepaya muda kemudian bersihkan dengan menggunakan air garam dengan cara diremas-remas kemudian direbus hingga benar-benar matang.

Dimasak bersama daun lain
Kandungan senyawa alkaloid karpainnya pada daun papaya berkurang dengan cara merebus daun pepaya bersama daun singkong atau daun jambu biji dan bias juga menggunakan daun jambu mete. Hal ini dikarenakan kandungan asam organik di dalam daun singkong atau senyawa fenolik (tanin) di dalam daun jambu biji dapat menyerap alkaloid dari daun pepaya yang larut dalam air rebusan. Anda dapat merebusnya dengan daun-daun lain tersebut dengan perbandingan 1:3.

Menggunakan batu bata atau tanah liat
Di berbagai daerah sering dijumpai memasak daun pepaya menggunakan tanah liat atau batu bata untuk menghilangkan rasa pahit. Namun jangan lupa mencuci hingga bersih setelah direbus dengan tanah liat atau batu bata.

Direbus dua kali
Jika Anda masih kurang yakin bahwa rasa pahit dalam daun pepaya belum hilang, maka dapat Anda rebus dua kali. Setelah direbus dengan beberapa lembar daun jambu biji atau jambu mete, daun pepaya ditiriskan kemudian rebus kembali dengan air bersih. (ilham)