Cara Mudah Membuat Hidroponik Di Rumah

membuat hidroponik, Mediatani.com.  Melihat tanaman hidroponik begitu sangat indah. Sepertinya mudah membuatnya di rumah. Setelah itu anda pasti ingin mencari tahu sebenarnya bagaimana cara membuat tanaman hidroponik di rumah anda. Beruntunglah anda bisa sampai di halaman ini, karena akan dijelaskan praktik cara membuat tanaman hidroponik di rumah.

Pengantar cara membuat hidroponik

Teknologi memang berkembang sangat pesat dan manusia saat ini begitu cerdas sehingga mereka menemukan teknik dan berbagai alat yang mempermudah kehidupan mereka dalam beraktivitas. Faktanya bukan hanya alat yang ditemukan manusia namun juga suatu teknik yang dapat mengubah cara hidup bahkan menambah keuangan mereka. Salah satu teknik yang ditemukan manusia adalah dalam hal bercocok tanam yang biasa disebut hydroponic. Bila anda ingin bercocok tanam namun masih kebingungan mencari lahan maka hidroponiklah jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut.

Membuat hidroponik sangatlah memiliki banyak keuntungan yang sulit anda tolak diantaranya lebih ramah lingkungan dan tidak perlu memnggunakan lahan yang cukup luas. Teknik hidroponik merupakan suatu sarana bercocok tanam tanpa mnggunakan media tanah sebagai bahan utama bertani. Hidroponik juga tidak memerlukan banyak tenaga untuk menyirami dan merawatnya sehingga jauh lebih hemat. Untuk masalah hasil panen dengan cara ini tidak perlu anda ragukan karena hasilnyapun sama baiknya bahkan pertumbuhan tanamannya juga lebih cepat ketimbang menggunakan media tanah.

Teknik membuat hidroponik ini menggunakan campuran kimia dengan unsur hara yang dialirkan langsung kedalam tabung tanaman dan membuat tanaman memperoleh larutan nutrisi yang lebih optimal ketimbang menggunakan teknik biasa sebab langsung diserap oleh akar tanamanya. Tanamannyapun kuat dan bersih ketimbang bertanam seperti cara biasa. Dalam metode bertanam dengan teknik hidroponik terdapat beberapa cara namun dalam artikel ini akan membahas cara membuat tanaman hidroponik secara sederhana sehingga bagi anda yang masih pemula dapat langsung mempraktekkannya.

Cara Mudah Membuat Hidroponik

Langkah awal yang perlu anda lakukan adalah mempersiapkan peralatan berkebun seperti di bawah ini :

1. Kain untuk sumbu bila ada gunakanlah kain panel
2. Botol plastik
3. Gelas plastik
4. Jerigen
5. Nutrisi hidroponik
6. Media tanam yang terdiri dari aram sekam, pecahan batu bata, kerikil, rocwool ataupun pasir.

Anda bisa menggunakan salah satu dari media tanam yang disebutkan tadi.

Langkah kedua setelah terkumpul bahan yang disebutkan diatas adalah sebagai berikut :

1. Potonglah botol plastik bekas air mineral menjadi dua bagian atas dan bawah
2. Pasangkan sumbu pada bagian bawah botol yang sebelumnya di bagian leher telah diberi lubang
3. Masukkan bagian atas gelas plastic tersebut yang telah diberi sumbu secara terbalik ke dalam bagian bawah botol plastik tadi
4. Isilah bagian atas bool plastic tadi dengan media tanam, anda bisa menggunakan media tanam yang paling mudah anda temukan disekitar anda. Media ini digunakan hanya untuk akar tanaman agar tidak rebah
5. Tanam bibit skitar 2-3 biji tanaman ke dalam media tanam yang telah kita siapkan tadi
6. Setelah itu anda dapat menyiramnya dengan larutan nutrisi hidroponik
7. Letakkan tanaman anda di tempat yang tidak terkena langsung dengan hujan namun masih mendapat sinar matahari

Sebelumnya belum dijelaskan nutrisi hidroponik itu seperti apa dan mungkin anda sedikit bingung namun tenang saja berikut penjelasan cara pembuatan nutrisi hidroponik yang telah disebutkan diatas. Nutrisi hidroponik merupakan pupuk KCL, pupuk Urea dan NPK serta pupuk daun gandasil yang telah tercampur dengan air hingga menjadi larutan siap guna yang bisa anda gunakan dalam proses hidroponik. Hidroponik sendiri cenderung lebih hemat dalam budidayanya karena tidak memerlukan banyak pupuk serta obat atau pestisida.

Baca : Panduan membuat Hidroponik Lengkap

Bila anda terinspirasi untuk menggunakan metode ini dalam berkebun di rumah anda disarankan untuk mencoba jenis sayuran terlebh dahulu karena lebih mudah dipraktekkan. Anda bisa menanam jenis bayam, selada, seledri ataupun tomat dan bisa anda lakukan didalam rumah bila anda telah mahir maka tidak ada salahnya mencoba menanam bunga seperti anggrek. Semoga artikel mengenai cara membuat tanaman hidroponik ini dapat bermanfaat bagi anda dan terinspirasi untuk mencobanya di rumah.