8 Langkah Mudah Menanam Strawberry Dalam Pot

Mediatani.com – Menanam strawberry dalam pot adalah solusi anda yang memiliki ruang tanam yang kecil, atau hanya sekedar ingin memiliki strawberry segar yang mudah dipetik kapan saja. Bagi pencinta hiasan taman juga dapat melakukannya.

Tanaman strawberry dalam pot merupakan hiasan yang sangat unik jika diletakkan di teras, balkon, atau halaman rumah. Kami menyarankan untuk menggunakan pot berbahan plastik namun tahan untuk digunakan bertahun-tahun dan tahan di bawah terpaan sinar matahari.

Coba anda bayangkan, betapa lucunya tanaman strawberry dalam pot. Ukurannya kecil namun memberi kesan yang begitu manis bagi setiap orang yang melihatnya. Jika anda ingin memilikinya di rumah anda, maka ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1 Menanam Strawberry Di Dalam Pot

Belilah pot stroberi sesuai ukuran yang anda inginkan, kami menyarankan agar anda memilih yang berukuran kecil. Pot plastik yang paling bagus adalah yang tahan lama meskipun dalam keadaan lembab dan terkena panas matahari.

Akan lebih awet lagi jika menggunakan pot berbahan tanah liat, seperti batu bata. Pastikan pot memiliki lubang drainase di bagian bawahnya.

Pot berbahan tanah liat (teracotta)
Pot berbahan tanah liat (teracotta)

Langkah 2 Menanam Strobery Di Dalam Pot

Belilah bibit tanaman strawberry secukupnya untuk mengisi pot yang telah disiapkan. Anda akan membutuhkan satu bibit strawberry untuk satu pot. Anda juga bisa menambahkan dua atau tiga bibit tanaman strawberry untuk di sisi pot.

Langkah 3 Membuat Tabulampot Strawberry

Tempatkan sekeping beling, lapisan kerikil, atau sepotong kawat di atas lubang drainase pot. Benda-benda tersebut dapat mencegah tercucinya hara dalam media tanam pot strawberry.

Langkah 4 Menanam Strobery Di Dalam Pot

Isilah pot strawberry dengan tanah gembur hingga setengah badan pot. Agar dapat tumbuh dengan baik, anda harus menggunakan media tanam yang kaya akan nutrisi dengan pencampuran tanah dan kompos. Gunakanlah perbandingan 3 bagian tanah gembur dan 1 bagian kompos.

Selipkan bibit tanaman strawberry ke dalam media tanam tersebut sekitar 2 cm. Padatkanlah tanah dengan lembut di sekitar area tumbuhnya akar.

Langkah 5 Membuat Tabulampot Strobery

Tambahkan media tanam ke dalam pot strawberry sampai permukaan tanah berjarak 2 – 5 cm dari bibir pot. Anda juga bisa menyelipkan bibit tanaman strawberry sebanyak tiga atau empat tanaman strawberry di atas wadah.

Langkah 6 Menanam Stroberi Di Dalam Pot

Tutuplah permukaan media tanam dengan menggunakan moss (sphagnum moss). Letakkan sphagnum moss di sekitar batang tanaman strawberry. Sphagnum moss akan menghemat air dan mencegah tanah dari terbuang dari dalam pot.

sphagnum moss
sphagnum moss

Langkah 7 Menanam Strawberry Di Dalam Pot

Siramlah seluruh permukaan media tanam secara perlahan. Jagalah kelembaban tanah di dalam pot, dan periksa setiap hari selama cuaca hangat. Ingat bahwa tanaman strawberry dalam wadah akan kering jauh lebih cepat daripada stroberi ditanam di tanah.

Langkah 8 Menanam Stroberi Di Dalam Pot

Tempatkan pot strawberry di tempat yang terkena cahaya matahari langsung. Atur posisinya agar tanaman strawberry dapat menerima cahaya minimal 4 jam setiap hari. Jika Anda tinggal di iklim panas, kering, tempatkan pot di tempat teduh selama sore hari panas. Putar pot strawberry setiap tiga sampai lima hari sehingga semua bagian tanaman mendapatkan banyak sinar matahari.

Sangat mudah bukan? Catatlah kembali agar anda berhasil dalam menanam strawberry di dalam pot, Anda membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:

  1. Pot Plastik atau Pot berbahan terra cotta (tanah liat).
  2. Bibit tanaman strawberry
  3. Ranting patah, kerikil atau pecahan beling
  4. Media tanam (tanah gembur + kompos)
  5. Sphagnum moss

Lantas tunggu apa lagi? Ayo menanam strawberry di dalam pot Sekarang juga.

/UT