Cara Perbanyakan Tanaman Anthurium

MediaTani – Perbanyakan tanaman Anthurium pastilah dilakukan untuk memperbanyak jumlah koleksi yang dimiliki. Apalagi bagi mereka yang bergelut dalam bisnis tanaman hias anthurium. Sekedar diketahui, Anthurium pernah menjadi idola dan sangat diburu oleh para pencinta tanaman hias tak ayalnya bagai trend batu akik yang marak saat ini.

Contoh Perbanyakan Anthurium

Betapa tidak, Tanaman anthurium ini dinilai dari jumlah daun yang ada pada tanaman yang hendak diperjualbelikan. Hal tersebut terjadi karena tanaman Anthurium memang memiliki daun yang indah dan masih tergolong sejenis dari kelompok Araceae. Ada 1000 jenis yang dimiliki pada tanaman Anthurium tersebut, Salah satunya jenis anthurium jenmanii yang paling banyak digemari, kemudian Hookeri dan gelombang cinta.

Perbanyakan tanaman Anthurium jadi marak dilakukan karena harganya yang sangat fantastis, bahkan menembus angka 70 juta Rupiah per tanamannya menjadikan tanaman anthurium sebagai tanaman mewah dan eksklusif. Namun ada sebagian orang juga yang yang merasa buat apa beli tanaman hias sampai mengeluarkan jutaan rupiah demi mendapatkan tanaman anthurium tersebut. Namun bagi kolektor tanaman hias hal itu merupakan suatu yang mewah apabila bisa mendapatkan tanaman anthurium tersebut.

Meski trend tanaman Anthurium tidak bergemang lagi, namun kemewahannya tetap akan jelas terlihat. Pesona yang dimilikinyapun tetap melekat dan mampu menyejukkan suasana hati bagi yang memandang.

Mengetahui cara perbanyakan tanaman anthurium akan mempermudah kita memperbanyak koleksi atau sekedar bermaksud mendapat bibit gratis dari tetangga. Betapa berharganya pengetahuan bukan? Tingkat multiplikasi yang rendah pada perbanyakan konvensional anthurium masih menjadi kendala peningkatan produktivitas di skala komersial. Jika sobat berminat memperbanyak tanaman Anthurium, silahkan baca panduan perbanyakan tanaman anthurium berikut:

Perbanyakan Tanaman Anthurium Dengan Biji

Anthurium adalah jenis tanaman berumah satu (terdapat 2 jenis kelamin dalam 1 tanaman). Namun dalam prosesnya, penyerbukan sangat jarang terjadi pada kasus Anthurium. Hal tersebut dikarenakan bunga jantan dan bungan betina tidak masak dalam waktu bersamaan. Maka yang bisa dilakukan adalan penyerbukan buatan yang dilakukan secara silang. Proses ini justru akan dapat menghasilkan varietas baru yang lebih cantik.

Serbuk sari atau bunga jantan yang sudah masak pada Anthurium akan berwarna kuning dan mudah rontok. Sedangkan untuk bunga betina ditandai dengan adanya lendir pada putik daun. Biasanya bunga betina siap diserbuki pada 2-3 minggu setelah mekar, atau bisa menandai dengan adanya serangga yang datang ke bunga itu. Jika keduanya (bunga jantan & betina) sudah siap segera lakukan proses penyerbukan buatan. waktu terbaik untuk ini adalah pada pagi hari antara pukul 7-10. Oleskan serbuk sari yang telah bersih ke cotton bud dan oleskan ke putik bunga yang lengket.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan jentik, bunga sari diambil dan dioleskan sampai rata di bagian lendir pada bunga betina. Sekitar 2 bulan kemudian, bunga yang dihasilkan sudah masak, di dalamnya terdapat banyak biji anthurium. Biji-biji tersebut di kupas, dicuci sampai bersih dan diangin-anginkan, kemudian ditabur pada medium tanah halus. Persemaian ditempatkan pada kondisi lembab dan selalu disiram.

Perbanyakan Tanaman Anthurium Dengan Setek Batang

Cara perbanyakan dengan stek batang adalah memotong bagian atas tanaman (batang) dengan menyertakan 1 – 3 akar, bagian atas tanaman ‘yang telah dipotong kemudian ditanam, pada medium tumbuh yang telah disiapkan.

Perbanyakan Tanaman Anthurium Dengan Setek Tunas

Sama halnya dengan memperbanyak Anthurium menggunakan Batang, Stek tunas dilakukan dengan memanfaatkan tunas yang timbul di ruas batang. Tunas tersebut disemaikan pada media tumbuh untuk menjadi individu baru.

Untuk memperbanyak tunas, perlu aplikasi pengatur tumbuh berupa GA3 atau BA. Dengan aplikasi tersebut juga dapat menambah keuntungan karena selain dapat memacu pertumbuhan tunas samping, aplikasi ini juga dapat memperbanyak jumlah tajuk per tanaman, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan produksi bunga per tanaman.

Bagaimanapun metode yang digunakan untuk memperbanyak tanaman Anthurium, proses perawatan bibit menjadi proses yang tidak kalah penting. Bibit tanaman yang sehat adalah cikal bakal untuk tanaman tersebut bisa tumbuh sehat kelak di kemudian hari. Yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan air dan hara pada media pembibitan. Selain itu perhatikan intensitas cahaya di lokasi penyemaian, sebab intensitas cahaya matahari secara langsung akan membuat daun tanaman ini menjadi berwarna kuning.

Tanaman Anthurium sendiri dapat tumbuh dengan baik pada suhu 18-20,derajat celcius, dengan intensitas cahaya 20-60 %. (editor : Ihsan Arham)