Ikuti Cara Sukses Budidaya Tanaman Brokoli Berikut Ini

Tanaman Brokoli merupakan salah satu jenis dari tanaman kubis dengan rasa yang lezat dan penuh akan vitamin yang sehat. Tanaman brokoli atau dalam bahasa latin disebut sebagai Brassica oleracea L. Pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1970 dan digemari oleh banyak masyarakat. Selain rasa dan kandungan vitamin yang dimiliki brokoli, tanaman ini juga sangat mudah ditumbuhkan di Indonesia.

Tanaman Brokoli sangat mudah tumbuh pada lahan perkebunan dengan paparan atau intensitas sinar matahari yang baik. Tanaman brokoli penuh dengan nutrisi ini akan lebih mudah tumbuh dengan baik pada tanah yang subur. Jika anda memiliki lahan yang memenuhi kriteria tersebut di atas, maka anda sudah dapat memulai menanam atau budidaya tanaman brokoli sekarang juga.

Beberapa khasiat sayur berbahan tanaman brokoli bagi tubuh ialah dapat meningkatkan produksi kandungan protein di dalam tubuh. Selain itu, kandungan nutrisi yang terdapat di dalam tanaman brokoli juga dapat membantu melindungi kesehatan jantung kita dari sel-sel yang bersifat merusak. Jika anda mengkonsumsi tanaman sayur brokoli secara rutin juga dapat menurunkan resiko timbulnya stroke, kanker, anemia, serangan jantung, serta penyakit katarak.

Peluang bisnis brokoli akan kita bahas di akhir artikel ini. Akan tetapi jika anda bersungguh-sungguh ingin mengembangkan tanaman brokoli, ada baiknya anda baca dengan seksama. Kemudian ikutilah panduan berikut bagaimana memulai menanam brokoli.

Cara Mudah Budidaya Tanaman Brokoli

Ada empat hal yang harus anda perhatikan dalam budidaya tanaman brokoli. Cara ini harus ditempuh agar budidaya tanamanbrokoli bisa berhasil. Empat hal tersebut adalah; persiapan lahan ; cara penyemaian; penanaman bibit; pemeliharaan dan panen.

Cara Menyiapkan Lahan untuk Budidaya Brokoli

Menyiapkan lahan budidaya tanaman brokoli dimulai dengan membersihkan lahan dari bekas atau sisa-sisa akar tanaman sebelumnya. Setelah itu gemburkan tanah dengan menggunakan cangkul. Selanjutnya buatlah guludan-guludan selebar hingga 100 cm di atas lahan untuk menanam tanaman brokoli. Tinggi guludan tersebut idealnya adalah 35 cm dengan jarak antar guludan adalah sekitar 40 cm. Pada persiapan lahan budidaya tanaman brokoli, perhatikan PH tanah nya. Disarankan agar berada pada posisi diatas 5,5. Jika pH lahan anda lebih rendah maka sebaiknya lakukanlah pengapuran tanah.

Setelah siap, pupuk lahan menggunakan pupuk kandang dengan jumlah secukupnya yang disesuaikan dengan luas lahan. Pemupukan dimaksudkan supaya tanah pada lahan menjadi lebih subur dan tanaman brokoli akan menghasilkan panen yang optimal. Setelah lahan selesai dipersiapkan, anda bisa lanjut ke tahap selanjutnya.

Cara Menyemaikan Benih Tanaman Brokoli

Setelah mendapatkan benih yang baik, kita bisa menyemaikan benih-benih tersebut dengan dua cara. Yang pertama yaitu dengan menebarnya ke atas lahan dan yang kedua yaitu dengan menanamnya di plastik-plastik polybag. Untuk menjaga kelembaban udara agar benih segera tumbuh menjadi kecambah, kita bisa menutupi benih-benih yang sedang disemaikan dengan daun-daun pisang.

Kemudian setelah kecambah tumbuh dan memiliki daun sekitar 3 atau 4 helai daun maka penanaman pun siap untuk dilakukan. Biasanya benih-benih akan siap di tanam di atas lahan setelah penyemaian selama 1 bulan.

Halaman Selanjutnya—>

[ 1 ] [ 2 ]