Darmin: Sektor Pertanian Bisa Jadi Longgar

Mediatani.com – Menko bidang Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan soal peluang sektor pertanian di Indonesia saat memberikan kuliah umum di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Senin (9/11/2015). Menurutnya ditinggalkannya sektor pertanian, akan membuat persaingan bisnis di masyarakat menjadi longgar.

Kata Menko Darmin, data sensus pertanian 2013 menyebutkan bahwa jumlah rumah tangga yang bermata pencarian dari pertanian mengalami penurunan signifikan. “Siapa yang pergi? Mungkin ada yang bisa menjawab? “Mereka yang pergi adalah penduduk yang punya lahan pertanian kurang dari seribu meter,” kata mantan Gubernur BI itu.

Masih kata Darmin, mereka yang meninggalkan lahan pertanian, sebagian besar menjadi perantau di kota besar dan Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Kondisi ini, lanjut Darmin, seharusnya bisa dimanfaatkan. Lantaran, sektor pertanian bisa menjadi sedikit longgar. “Sehingga pada sektor pertanian situasinya lebih longgar dan bisa mendorong produktivitas. Ingat, produktivias tidak mungkin bisa terdorong kalau lahannya, kurang dari tiga ribu meter,” ungkap Darmin.

Lebih lanjut Darmin mengatakan,”Ini merupakan pertarungan kita sebagai bangsa supaya tidak terjerumus ke dalam middle income trend,” pungkas Darmin. (IP/IL)