Daun Sukun Sangat Berkhasiat Bagi Kesehatan

MediaTani – Daun Sukun ternyata memiliki manfaat besar untuk kesehatan. Khasiat daun sukun telah banyak dimanfaatkan masyarakat, dan sudah dipergunakan khasiatnya sejak lama. Dengan demikian, bukan hanya buahnya saja yang dikonsumsi dalam bentuk gorengan yang gurih atau nikmat saat direbus bersama santan, tetapi juga memanfaatkan daun tanaman menjadi obat berkhasiat.

daun sukun
Daun sukun

Daun pohon sukun terlihat seperti menjari dengan ukuran daun yang lebar, terdapat tulang daun dan serat yang tegas di permukaannya. Untuk mendapatkan khasiaiat daun sukun sebagai obat tradisional, pada umumnya dilakukan dengan cara merebus beberap lembar daun sukun kering sehingga didapat air hasil rebusannya. Setelah itu, air rebusan yang dingin sudah siap untuk diminum dengan teratur.

Berikut akan kami jelaskan apa saja khasiat dari daun sukun tersebut. Atau penyakit apa saja yang dapat disembuhkan dengan memanfaatkan daun sukun ini. Bagaimana cara menggunakan daun sukun untuk obat tradisional pilihan keluarga anda.

Mengobati gangguan ginjal, cara pengobatannya adalah pertama-tama siapkan segenggam daun sukun kering lalu dipotong-potong sampai halus. Kemudian setelah halus seduh dan aduk perlahan dengan air panas dan biarkan sampai dingin. Setelah dingin saring daun sukun sehingga siap untuk diminum. Untuk mengurangi rasa pahitnya anda boleh mencampurnya dengan tambahan sedikit madu atau gula.

Menurunkan kadar kolesterol. Anda bisa memanfaatkan daun sukun ini untuk menurunkan kolesterol. Caranya sangat mudah yaitu sipakan segenggam daun sukun kering, lalu dicampurkan dengan segenggam daun bangle. Kemudian seduh dengan air panas dan tunggu sampai airnya dingin. seperti membuat teh. Tambahkan sedikit gula atau madu untuk kurangi rasa pahitnya.

Mengobati asam urat, caranya sipakan segenggam daun sukun yang sudah dikeringkan dan segenggam daun greges otot. Setelah dicampurkan maka sedung dengan air panas, biarkan sampai air rebusan menjadi dingin.

Perlu anda ingat bahwa selama meminum rebusan daun sukun, hindari makan jeroan, kangkung, sayur bayam, daun singkong karena dapat menyebabkan otot menjadi kram. Untuk info lebih lanjut anda bisa konsultasikan dengan dokter ahli herbal mengenai manfaat daun sukun untuk penyembuhan penyakit anda.