Distan Sumut Lakukan Percepatan Tanam

MediaTani – Penerapan mekanisasi pertanian sangat berperan penting dilakukan pada sektor pertanian. Dengan fungsinya, percepatan masa tanam dapat dilakukan, sehingga pengelolaan areal pertanian bisa lebih efektif. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala UPT Mekanisasi Pertanian Laboratorium Pengujian Mutu Alat dan Mesin Pertanian Dinas Pertanian Sumatera Utara (Sumut) Baharuddin Siregar pada wartawan senin 23/3 di Medan.

“Mekanisasi pertanian itu penting sekali karena dapat berperan untuk mempersingkat waktu dan luas tanam yang dilakukan,” ungkapnya.
Baharuddin menerangkan, sejauh ini, di Sumut penerapan mekanisasi pertanian sudah sangat berkembang pemakaiannya dari tahun ketahun. Malah saat ini, dominasinya sudah lebih tinggi ketimbang pengelolaan pertanian yang dilakukan secara konvensional.
“Kalau dipersentasekan, sekitar 70 persen pengelolaan pertanian sekarang sudah melakukan mekanisasi,” ujarnya.
Baharuddin melanjutkan, bahwa saat ini pemerintah sangat mendorong upaya mekanisasi pertanian itu. Itu dibuktikan, dengan upaya memberikan bantuan kepada petani alat mesin pertanian. “Jadi petani tidak sulit lagi mengakses alat mesin pertanian, karena sekarang sudah banyak,” jelasnya.
Untuk itu, tambah Baharuddin, UPT Mekanisasi Pertanian Laboratorium Pengujian Mutu Alat dan Mesin Pertanian berperan membantu proses terjadinya mekanisasi tersebut. Seperti halnya, melakukan rekayasa serta perbaikan pada alat mesin pertanian yang biasa digunakan petani.
“Makanya kita kerap melakukan pelatihan bagi tenaga teknis alat mesin pertanian. Selain itu, bagi mesin yang rusak, seperti traktor, dapat diperbaiki di bengkel UPT kita,” tuturnya. (MB/UT)