FarmBot, Robot Perkebunan Rumah dan Pertanian Masa Depan

Mediatani.com – Inovasi baru memang sangat diperlukan untuk kehidupan manusia agar lebih baik, dan dunia pertanian juga tak ketinggalan mendapatkan inovasi baru. FarmBot merupakan proyek robot perkebunan rumah yang sangat inovatif dan saat ini semakin dekat dengan waktu ketersediaanya.

Perusahaan yang berbasis di California itu telah menerima pre-order sejak bulan Juli lalu, dan dana yang sudah berhasil mereka kumpulkan tiga kali lipat lebih besar dari tujuan awal, yakni mencapai $351.330 yang sebelumnya hanya memiliki goal $100.000.

Untuk menarik pemesan awal, FarmBot ditawarkan dengan diskon 25% pada setiap unit, di mana harga dipotong $1000 menjadi $2.900. Perusahaan berharap produk untuk siap dikirimkan pada bulan Februari 2017 bagi yang sudah melakukan pre-order pada bulan Juli lalu.

Produk pertama perusahaan, yakni FarmBot Genies merupakan “do-it-yourself” solusi pertanian presisi, yang (secara teoritis) siapapun dapat melakukannya. Sistem ini sudah sampai iterasi kesembilan, dan robot open source telah ditingkatkan pada setiap versi berkat masukan dari komunitas FarmBot.

Pertanian adalah industri yang mahal dan sangat boros. Gerakan pertanian presisi mungkin tidak memecahkan setiap masalah industri yang dihadapi, tetapi memiliki banyak potensi untuk meningkatkan kesinambungan dan efisiensi.

Sebelum FarmBot, peralatan pertanian presisi hanya tersedia dalam bentuk mesin-mesin berat besar. Presisi traktor pertanian yang digunakan memiliki harga lebih dari $1 juta per unitnya, dan saat itu adalah saat pencipta FarmBot, Rory Aronson menemukan ide ini pada tahun 2011. Robot FarmBot kit akan datang dengan Arduino Mega 2560, Raspberry Pi 2 Model B, paket hardware yang dapat dibongkar dan akses ke komunitas software open-source.

FarmBot Genesis berjalan pada trek yang telah dibangun sebelumnya dan memiliki dukungan infrastruktur yang mana dapat Anda pasangkan sesuai dengan kebutuhan. Komunitas online FarmBot membuat setiap langkah intruksi menjadi lebih mudah untuk masing-masing proses. Mereka juga menyediakan forum untuk memecahkan masalah saat menerapkan FarmBot.

Robot ini bergantung pada platform perangkat lunak yang dapat diakses pengguna melalui aplikasi web FarmBot, dengan begitu semua ini malah terlihat seperti permainan Farmville yang merupakan game mobile terkenal. Versi virtual pada platform online memiliki keakuratan yang sangat cocok dengan kenyataannya. FarmBot dapat membuang air, membuat pupuk dan sumber daya lain agar tanaman tumbuh dengan baik.

Karena tidak memerlukan teknologi sensor halus, FarmBot adalah solusi yang lebih murah daripada menggunakan peralatan industri pertanian yang ada di pasar. Dan dengan alat universal mount, Anda dapat menyesuaikan FarmBot untuk melakukan hampir semua tugas berkebun sesuai dengan yang Anda inginkan.