Harga Getah Karet Terus Anjlok

MediaTani – Harga getah karet di tingkat petani di kota Lubuklinggau terus anjlok hingga Rp5.000 per kilogram (kg). Murahnya harga karet ini dikeluhkan petani di wilayah tersebut.

Ilustrasi: Petani Memanen Getah Karet. Antara/Seno S

Berdasarkan penuturan petani di Kelurahan Batu Urip Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan, harga getah karet kualitas sedang di tingkat petani terus anjlok hingga menjadi Rp5.200/kg.

“Penurunan harga getah karet ini sudah berlangsung lama, sejak awal tahun 2014 lalu. Hingga kini belum ada kenaikan yang pantas atau stabil,” kata Siti, salah seorang petani karet di Batu Urip Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan, Minggu (1/2/2015).


Akibat turunnya harga ini, sejumlah petani karet di Lubuklinggau menjadi tak bergairah untuk menyadap getah karet. Terlebih saat ini harga getah karet tak sebanding dengan harga kebutuhan pokok yang terus melambung, seperti harga beras yang sudah mencapai Rp10.000/kg.

“Kami berharap pemerintah segera memperhatikan nasib kami, khususnya menstabilkan kembali harga karet yang sebelumnya stabil diharga Rp12.000/kg,” pungkasnya.