WOW!!! Ternyata Buah Delima Sangat Berkhasiat, Ini Penjelasannya

Mediatani.com – Delima (Punica granatum) adalah tanaman buah-buahan yang dapat tumbuh hingga 5–8 m. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Iran, namun telah lama dikembangbiakkan di daerah Mediterania.

Bangsa Moor memberi nama salah satu kota kuno di Spanyol, Granada berdasarkan nama buah ini. Tanaman ini juga banyak ditanam di daerah Cina Selatan dan Asia Tenggara.

Delima berasal dari Timur Tengah, tersebar di daerah subtropik sampai tropik, dari dataran rendah sampai di bawah 1.000 m dpl. Tumbuhan ini menyukai tanah gembur yang tidak terendam air, dengan air tanah yang tidak dalam.

Delima sering ditanam di kebun-kebun sebagai tanaman hias, tanaman obat, atau karena buahnya yang dapat dimakan. (wikipedia.id)

Bentuk pohon perdu atau pohon kecil dengan tinggi 2–5 m. Batang berkayu, ranting bersegi, percabangan banyak, lemah, berduri pada ketiak daunnya, cokelat ketika masih muda, dan hijau kotor setelah tua.

Daun tunggal, bertangkai pendek, letaknya berkelompok. Helaian daun bentuknya lonjong sampai lanset, pangkal lancip, ujung tumpul, tepi rata, pertulangan menyirip, permukaan mengkilap, panjang 1–9 cm, lebar 0,5–2,5 cm, warnanya hijau.

Buah delima tidak hanya memiliki rasa yang lezat, tetapi juga mengandung kaya antioksidan dan fitokimia. Karena itu, delima memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh Anda.

Buah delima bisa dinikmati dengan cara dimakan langsung, atau dibuat menjadi jus. Cara membuat jus dari buah delima sama seperti membuat jus dari buah-buahan lain.

Caranya, ambil isi atau biji buah delima, lalu masukkan ke dalam blender. Masukkan sedikit es batu yang sebelumnya sudah dihancurkan. Kamu bisa tambahkan sedikit gula pasir atau sirup agar rasanya manis. Kemudian blender bahan-bahan tadi hingga tercampur rata.

Bila kamu tidak suka teksturnya yang kasar saat diblender, kamu dapat menyaringnya terlebih dahulu. Tuangkan pada gelas dan siap untuk dihidangkan. (caramakan.com)

Biji buah delima sangat kaya akan minyak alami, bahkan kandungan minyak dalam biji delima dapat mencapai 20% dari berat total biji delima.

Kandungan terbesar dari minyak biji delima ini adalah asam linoleat dan asam lemak omega-3. Selain minyak alami, komposisi biji delima lainnya terdiri dari protein, serat kasar, vitamin, mineral, dan senyawa polifenol.

Apa saja manfaat mengonsumsi delima? Berikut manfaat mengonsumsi delima yang dilansir dari Zeenews, Senin (30/5/2016)

Baik untuk kulit ( Mencegah Kerutan )

Delima baik untuk kesehatan kulit, karena membantu menjaga kulit muda Anda. Antioksidan di dalamnya membuat kulit tidak cepat kerut.

Mencegah kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dan polifenol dalam delima dapat membantu mencegah sel-sel kanker menyebar. Bahkan, ada kemungkinan antioksidan dan polifenol dapat membunuh sel-sel kanker.

Gigi sehat

Buah delima ternyata juga dapat membantu menjaga kesehatan mulut. Kesehatan gigi pun terlindungi dengan mengonsumsi delima setiap hari. Hal ini karena delima memiliki sifat anti-bakteri.

Mengontrol tekanan darah

Anda harus makan delima secara teratur, karena membantu mengontrol tekanan darah. Buah ini mengurangi lesi dan peradangan pembuluh darah pada pasien jantung.

Luar Biasa bukan?? segera SHARE info ini Ke teman anda yang membutuhkan.

/hil