Herbal Pengobatan Alternatif Dengan Tanaman

Mediatani.com – Istilah herbal dikalangan masyarakat sudah tidak asing lagi, herbal juga pada umumnya selalu berhubungan dengan pengobatan tradisional tanpa bahan kimia dan efek samping sehingga aman untuk dikonsumsi. Herbal mempunyai arti secara lebih luas yaitu obat yang terbuat dari jenis tumbuhan dan seluruh bagian-bagiannya yang mengandung satu atau lebih bahan aktif yang dapat digunakan sebagai penyembuhan segala macam jenis penyakit.

Pengobatan dengan menggunakan tumbuhan-tumbuhan herbal sudah ada sejak abad silam. Hal ini terbukti ditemukannya resep pengobatan dari tumbuhan pada kertas papirus yang ditemukan di Mesir dan Cina sejak masa 3000 SM. Selain negara tersebut, suku-suku dari Afrika dan suku Indian juga menggunakan tumbuhan herbal sebagai obat untuk penyembuhan segala jenis penyakit. Di negara Indonesia sendiri sejak zaman nenek moyang kita dahulu sudah menggunakan pengobatan herbal sebagai alternatif pengobatan penyakit.

Banyak sekali jenis-jenis tumbuhan yang mengandung khasiat dan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Apa saja jenis-jenis tumbuhan yang bisa bermanfaat sebagai pengobatan, uraiannya telah kami rangkum sebagai berikut:

Herbal Kunyit Putih

Nama ilmiah dari tumbuhan kunyit putih ini adalah Curcuma miangga. Kunyit putih termasuk dari tumbuhan yang tumbuh di dalam tanah memiliki rhizoma (akar tinggal). Kunyit putih berbeda dengan kunyit pada umumnya yang sering kita lihat berwarna kuning. Rhizomanya berwarna putih dengan bentuk bulat dan baunya seperti mangga. Kunyit putih memiliki kandungan minyak atsiri yang efektif untuk menyembuhkan pembengkakan atau anti-inflamasi dan membantu merangsang peningkatan sistem imun atau kekebalan tubuh. Selain itu, kunyit putih juga bagus untuk penderita kanker dan tumor. Kunyit putih mampu menonaktifkan perkembangan kanker, mematikan kanker tanpa merusak sel atau jaringan lain disekitarnya dan juga mampu menghentikan perkembangan sel kanker. Kunyit putih merupakan antioksida yang baik, antioksidan yang dikandung kunyit putih mampu mencegah kerusakan gen karena pemicu kanker dan zat anti-inflansinya membantu mengatasi pembengkakan dan peradangan.

Herbal Daun Pepaya

Pepaya adalah tumbuhan yang hidup didaerah tropis seperti di negara Indonesia. Pepaya salah-satu buahan yang banyak mengandung manfaat bagi kesehatan manusia, disamping itu buah pepaya sangat banyak diminati oleh para konsumen karena bermanfaat sebagai perawatan kulit tubuh. Selain buah pepaya, ternyata daun pepaya yang rasanya cukup pahit itu juga memiliki khasiat cukup besar bagi kesehatan manusia. Khasiat pertama daun pepaya sebagai pengobatan herbal yaitu membantu melancarkan buang air besar. Daun pepaya kaya akan kandungan karpain, yang berfungsi membunuh semua mikroorganisme dalam sistem pencernaan yang dianggapnya sebagai parasit didalam perut. Selain khasiat-khasiat diatas, daun pepaya juga bermanfaat sebagai pengobatan pencegahan dari penyakit demam berdarah. Daun pepaya juga berkhasiat untuk menghilangkan nyeri haid. Manfaat berikutnya, daun pepaya mampu menjegah dan mengobati penyakit diabetes.

Herbal Daun Cocor Bebek

Cocor bebek termasuk tumbuhan yang hidup didaerah panas atau kering, perkembanga-biakan tumbuhan ini bisa dikatakan cukup unik karena dilakukan dengan cara tunas adventik. Tumbuhan ini memiliki warna hijau muda dan berwarna abu-abu dimana rasanya asam. Kandungan yang dimiliki tumbuhan ini memiliki kandungan khasiat yang banyak sekali seperti, asam malat, lemon, damar zat-zat kalium yang sangat tinggi, vitamin C, alkaloid dan kandungan lainnya. Adapun khasiat daun cocor bebek sebagai obat herbal yang sangat mudah untuk ditemukan ini antara lain sebagai obat demam, mengobati sakit kepala, mengobati luka, membantu melancarkan haid yang tidak teratur, mengobati sakit gigi, dan sebagai obat wasir.

Itulah tadi beberapa tanaman herbal yang banyak kita temui di sekitar kita namun sepertinya jarang disadari bahwa membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Semoga setelah menyimak artikel ini anda dapat lebih memanfaatkan lagi tanaman-tanaman tersebut atau mungkin menjadikannya lahan usaha tersendiri bagi keuangan anda.