Himakova IPB Gelar Seminar Nasional Biodiversitas Nusantara

Mediatani.com – Himpunan mahasiswa konservasi sumberdaya hutan dan ekowisata (Himakova) fakultas kehutanan Institut Pertanian Bogor melaksanakan seminar nasional Biodiversitas Nusantara di Auditorium Andi Hakim Nasution, Kampus IPB Dramaga, Bogor (19/11/2016). Seminar tersebut menyampaikan laporan ilmiah hasil ekspedisi studi konservasi lingkungan (SURILI) 2016.

Ketua umum Himakova, Satrio Suryadi Nugroho menyebutkan bahwa kegiatan SURILI merupakan kegiatan tahunan Himakova yang berbentuk kegiatan eksplorasi keanekaragaman hayati.

“kegiatan ini juga melakukan inventarisasi potensi, kajian sosial budaya masyarakat” Ungkap Satrio.

Satrio mengemukakan bahwa kegiatan Surili telah mendapat apresiasi dan tercatat dalam Rekor Muri sebagai kegiatan ekspedisi terlama dan berkelanjutan yang dilakukan oleh mahasiswa.

“tahun ini adalah tahun ke-13, pada tahun 2016 kegiatan Surili dilakukan di Kawasan Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Bukit Baling, Provinsi Riau” tutur Satrio dalam pidatonya.

Sementara itu, Dekan Fakultas kehutanan IPB, Dr. Ir. Rinekso Soekmadi, MSc. menyambut baik hasil studi yang dilakukan oleh mahasiswa dari Himakova.

“apa yang kita saksikan hari ini adalah buah dari konsistensi yang luar biasa, sejak tahun 2003 kegiatan serupa telah dimulai,”

Dirinya mengaku sangat mendukung kegiatan ini sebagai wujud kepedulian generasi muda terhadap biodiversitas Tropika yang mengalami kemerosotan yang luar biasa.

“betapa pentingnya upaya konservasi ini dilakukan. Bisa kita lihat, siapa yang harus bertanggung jawab atas hilangnya Domba Garut, Itik indramayu, semua itu adalah asset biodiversity yang dimiliki oleh bangsa ini,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh berbagai pihak, diantaranya perwakilan WWF, BKSDH Provinsi Riau, Yapeka dan sejumlah perwakilan mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia.

Ekspedisi Surili 2016 berhasil mengidentifikasi 139 jenis vegetasi tumbuhan, 27 jenis mamalia, serta 99 Jenis burung.

/IA