Himakova Menyingkap Potensi Biodiversitas Indonesia

Mediatani.com – Seminar Nasional merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (HIMAKOVA) Fakultas Kehutanan IPB. Pada tahun ini Seminar Nasional Himakova yang diselenggarakan di Auditorium Andi Hakim Nasution, IPB dibalut dengan nama Seminar Nasional Biodiversitas Nusantara.

Tema yang diangkat dalam seminar ini adalah ‘Menggali Potensi Keanekaragaman Hayati dan Kearifan Lokal Masyarakat Setempat untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan’.

Seminar ini dibagi menjadi dua sesi, pada sesi pertama terdapat empat orang pembicara yang menyampaikan paparannya terkait dengan topik yang diangkat dalam sesi ini, dan sebagai moderator adalah Dr. Ir. Arzyana Sunkar, M. Sc. Pembicara pertama, Muhammad Rifki sebagai perwakilan Tim SURILI menyampaikan hasil ekspedisi SURILI.

Pembicara kedua yaitu Kepala Seksi Perlindungan, Perencanaan dan Pemanfaatan BBKSDA Riau, Ujang Holisudin, S. Hut menyampaikan mengenai potensi dan arah pengelolaan SM. Bukit Rimbang Bukit Baling, Agustius Wijayanto dari Yapeka sebagai pembicara ketiga memaparkan mengenai keanekaragaman hayati dan masyarakat di Rimbang Baling, Pembicara terakhir yaitu Sunarto, Ph. D dari WWF menyampaikan materi mengenai pembangunan berkelanjutan di Rimbang Baling.

Di sesi kedua, seminar membahas mengenai Biodiversitas sebagai Pilar Utama dalam Pembangunan Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga, Bogor dan sebagai moderator adalah Meyliana Astriyantika, S. Hut, M. Si. Pembicara pertama adalah Dr. Ir. Abdul Haris Mustari, M.Sc, F. yang menyampaikan materi Biodiversitas sebagai pilar utama kampus hijau IPB.

Muhamad Fahmi Mafruchi yang didaulat sebagai pembicara kedua menyampaikan materi mengenai Potensi Biodiversitas di Kampus IPB Darmaga, dalam simpulannya Mafruchi yang juga menjabat sebagai Ketua Biro Sosial Lingkungan Himakova mengajak para pihak untuk bersama-sama melestarikan biodiversitas yang ada di Kampus IPB Darmaga.

Pembicara ketiga merupakan ahli tumbuhan obat Prof. Dr. Ir. Evrizal AM Zuhud, MS. Membawakan materi mengenai kebangkitan kampung konservasi Keanekaragaman hayati. Pembicara terakhir yaitu Ir. Yatri Indah K, M. Si. yang menjabat sebagai Kepala Biro Hukum, Promosi, dan Humas IPB menyampaikan materi mengenai IPB Green Campus dan kaitannya dengan Kampus Biodiversitas.