HKTI: 70 Persen Petani Di Sukabumi Berusia Tua

MediaTani –Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Cabang Kota Sukabumi, Jawa Barat, mengungkap sebuah data yang menunjukkan 70 persen dari sekitar 1.000 petani di daerah itu berusia lanjut, lebih dari 50 tahun.

Ilustrasi: Petani Tua

Petani yang berusia di bawah 30 tahun atau masih tergolong pemuda sangat sulit ditemukan. Sektor pertanian kurang diminati oleh pemuda.

“Sudah sangat sulit ditemukan petani yang usianya muda seperti di bawah usia 30 tahun, walaupun ada hanya beberapa saja,” kata Ketua HKTI Kota Sukabumi M Khusoy kepada Antara di Sukabumi, Jumat (28/2).

M. Khusoy mengatakan orang-orang yang masih menjadi petani saat ini adalah mereka yang sudah terbilang lama menekuni pekerjaan sebagai petani.

“Dari data kami, petani yang tersisa saat ini 80 persennya hanya sebagai penggarap atau buruh tani, baru sisanya mereka yang mempunyai lahan sendiri,” tambahnya.

Menurut dia kaum muda pada umumnya kurang berminat menjadi petani karena menganggap petani adalah suatu pekerjaan kotor dan lebih memilih bekerja di pabrik atau perkantoran.

Selain itu, ia menambahkan, pekerjaan petani dianggap bukan pekerjaan yang bisa meningkatkan kesejahteraan karena bahkan pemerintah daerah maupun pusat tidak mengatur upah minimum untuk para pekerja di sektor pertanian.

“Dengan kondisi seperti ini imbasnya banyak petani yang menjual lahannya atau beralih fungsi karena lebih menguntungkan. Padahal Indonesia terkenal sebagai negara agraris,” Tambah Khusoy.

Kontributor: Taqwim