Indonesia Ekspor Beras Khusus Ke Italia

Mediatani.com – Kementerian Pertanian (Kementan) mengungkapkan, Indonesia juga mengekspor beras meski mengimpor beras dari Vietnam dan Thailand pada akhir tahun ini. Beberapa hari lalu Indonesia baru saja mengekspor 134 ton beras organik berkualitas khusus ke Italia.

Beras organik yang diekspor ke Italia ini diproduksi di Kabupaten Tasikmalaya‎. Eksportirnya PT Bloom Agro.‎ Selain Italia, Amerika Serikat dan Singapura juga akan mengimpor beras organik dari Indonesia.

‎”Kita kemarin baru ekspor beras organik ke Italia sebanyak 134 ton. Pembelinya datang langsung dari Italia untuk melihat langsung proses produksinya. Selanjutnya Amerika dan Singapura akan impor beras dari Indonesia, ” kata Dirjen Tanaman Pangan Kementan, ‎Hasil Sembiring, di sela-sela Rapat Kerja dengan Komisi IV di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (29/10/2015).

Nilai tambah yang dihasilkan oleh beras organik ini sangat tinggi, harganya jauh lebih mahal dibanding beras medium dan beras premium. Di Eropa, harga beras organik asal Indonesia bisa dijual dengan harga 6 euro/kg.‎ “Harganya di Eropa sampai 6 euro/kg,” ungkap Hasil.

‎Karena itu, ekspor beras organik ini akan terus ditingkatkan. Dengan adanya program pengembangan 4.000 hektare padi organik, produksinya akan terus bertambah. “Diharapkan tahun depan bisa meningkat. Ini sesuai dengan program kita untuk pengembangan padi organik 4.000 ha tahun depan. Ini memberikan nilai tambah yang bagus,” tutupnya.