Indra Yasin: Dinas Pertanian Harus Lebih Cermat

Indra Yasin

MediaTani – Bupati Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) Indra Yasin menginstruksikan kepada Dinas Pertanian untuk memonitoring ketersediaan bibit, pupuk dan obat-obatan terkait dengan target swasembada beras.

“Ketersediaan kebutuhan tersebut sangat menentukan produksi pertabiab khususnya padi dan jagung. Kepada Dinas Pertanian (Distan) diharapkan untuk dapat mencermati akan hal tersebut” himbau Indra Yasin (9/3).

Dengan monitoring tersebut akan langsung diketahui ketika ada kelangkaan langsung segera ditindak lanjuti sehingga produktivitas mengalami peningkatan.

Memang sebagian besar mata pencaharian penduduk Gorut adalah petani sehingga diperlukan langkah kongkrit dalam peningkatan produktivitas pertanian yang imbasnya pasti akan meningkatkan pendapatan petani itu sendiri.

Indra juga menegaskan bahwa dinas terkait tidak hanya sebatas pada menyiapkan kebutuhan namun juga perlu ada pendampingan tenaga penyuluh profesional.

“Sehingga para petani akan melaksanakan pola pertanian yang mengacu pada sistem pertanian moderen” tegasnya.

Sentuhan teknologi tepat guna dalam meningkatkan produksi pertanian juga penting namun yang tidak menimbulkan pencemaran lingkungan. Selama ini kata bupati, pemerintah telah memberikan bantuan kepada para petani baik itu pupuk, bibit, obat-obatan serta sarana dan prasarana pengolahan lahan seperti handtractor dan ainnya.

“Saya minta seluruh aparat pemerintah baik ditingkat desa, kecamatan dan Kabupaten untuk menyukseskan program pertanian di Gorontalo Utara. Dengan demikian produksi pangan dapat meningkat dan pada akhirnya kesejahteraan masyarakat sebagai tujuan utama dapat terwujud” tambahnya. (Ab)