Inilah Cara Budidaya Tanaman Pisang yang Tepat dan Cepat

Cara budidaya tanaman pisang ialah langkah dan tips yang tepat untuk membudidayakan tanaman buah pisang yang banyak tumbuh di Indonesia. Tanaman pisang yang terdapat di Indonesia ternyata memiliki banyak jenis. Setiap jenis tanaman pisang tersebut memiliki cara perawatan dan cara budidaya yang berbeda. Berikut ini merupakan beberapa cara budidaya tanaman pisang yang tepat dan cepat untuk Anda lakukan.

Cara Budidaya Tanaman Pisang

Tanam Jelang Musim Hujan

Apabila Anda ingin memulai untuk menanam tanaman pisang, maka menjelang musim hujan merupakan waktu yang tepat untuk memulainya. Pada dasarnya, tanaman pisang merupakan jenis tanaman yang mudah tumbuh di berbagai tempat. Meski begitu, jenis tanaman ini sebenarnya memiliki kebutuhan air yang cukup banyak. Menjadi sebuah keharusan untuk Anda dalam memenuhi kebutuhan investasi air untuk tanaman pisang yang Anda tanam.

Aturan ini berlaku untuk hampir semua jenis tanaman pisang yang biasa ditanam di Indonesia. Selain itu, gunakan cara penanaman di mana tanaman pisang tersebut Anda tanam sedalam 50 cm di bawah permukaan tanah. Dari segi syarat kehidupan dan juga nutrisi yang diperlukan oleh tanaman pisang tersebut, kedalaman 50 cm merupakan yang paling ideal untuk melakukan penanaman. Dari kebutuhan air dan juga nutrisi, dijamin akan terpenuhi pada kedalaman tersebut. Penuhi syarat ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sistem Tumpang Sari

Setelah Anda mengetahui cara untuk melakukan penanaman tanaman pisang dengan benar, maka Anda sebaiknya juga mengenali cara atau tips lain untuk memaksimalkan hasil yang Anda dapatkan. Apabila ingin menanam pisang, gunakanlah sistem tumpang sari di mana Anda dapat menambahkan beberapa jenis tanaman lain di antara tanaman pisang yang telah Anda tanamkan. Sistem tumpang sari juga banyak dilakukan di daerah yang memiliki persediaan air maupun ketersediaan lahan yang terbatas.

Namun, ada sedikit catatan apabila Anda ingin menggunakan sistem tumpang sari untuk membudidayakan tanaman pisang. Sebelum melakukan penanaman, sebaiknya berikan pupuk kompos yang cukup banyak pada tanah yang akan Anda gunakan untuk melakukan penanaman. Hal ini menjadi sangat penting karena tanah yang gembur dapat menjadi kunci keberhasilan dari sistem penanaman tumpang sari yang kini semakin banyak digunakan oleh orang yang ingin membudidayakan beberapa jenis tanaman sekaligus. Cara dan langkahnya yang mudah masih menjadi alasan utama mengapa cara ini menjadi kian masif untuk digunakan.

Lahan Bebas dari Rumput Gulma

Syarat dan tips selanjutnya untuk menanam pohon pisang ialah menggunakan lahan yang terbebas dari rumput. Pada beberapa jenis tanaman pisang, rumput dapat menjadi pengganggu utama yang menghabiskan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman pisang. Sebelum Anda melakukan penanaman tanaman pisang, sebaiknya Anda membersihkan laan tersebut dari semua jenis rumput yang tumbuh di sekitar tempat tersebut. Hal ini akan memberikan pengaruh banyak pada tanaman pisang Anda baik dari segi kualitas buah yang dihasilkan hingga kuantitasnya, semua akan menjadi lebih baik apabila lahan terbebas dari rumput.

Apabila Anda sudah membersihkan lahan dari rumput, maka tanah yang akan digunakan untuk menanam sebaiknya digemburkan terlebih dahulu dengan diberi air lalu diberi pupuk agar dalam tnah tersebut terdapat nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman pisang untuk tumbuh. Dalam prosesnya, Anda juga disarankan untuk mengikuti cara budidaya tanaman pisang yang cepat dan tepat agar hasil yang Anda peroleh dapat terwujud sesuai dengan harapan Anda.

Artikel yang telah anda baca berjudul Inilah Cara Budidaya Tanaman Pisang yang Tepat dan Cepat. Silahkan disebarkan ke sahabat yang lain agar lebih bermanfaat.


  • Aki Legeg

    Bagaimana caranya mengawinkan pisang yang tidak sejenis, agar buahnya nanti berbeda dengan induknya ??