IPB Launching PPKS Pertama Di Indonesia

MediaTani – Institut Pertanian Bogor (IPB) dirikan sebuah Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS). Bahkan, IPB adalah perguruan tinggi pertama di Indonesia yang memiliki PPKS ini.

Suasana Peresmian PPKS IPB [dok: ROL]

Tepatnya, Selasa 21 April 2015 PPKS Wulan-Agrianita IPB ini diresmikan langsung oleh Rektor IPB, Herry Suhardiyantod di Auditorium Andi Hakim Nasoetion Kampus IPB Dramaga, Bogor.

“Kita perlu mengerahkan segenap pikiran untuk menghadapi era dengan peningkatan jumlah lansia,” ujar Rektor IPB Herry Suhardiaynto.

Pasalnya, di negara lainnya saja, sistem penanganan fenomena seperti ini sudah dikembangkan. Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya PPKS ini dapat mendukung upaya peningkatan ketahanan keluarga secara menyeluruh.

Ketua PPKS Wulan-Agrianita IPB Clara M. Koesharto menyampaikan pentingnya pembentukan lansia yang tangguh. Menurutnya, Indonesia memiliki potensi menjadi negara dengan jumlah penduduk lansia lebih banyak daripada jumlah penduduk usia lainnya. Untuk itu dibutuhkan wadah peer group bagi para lansia untuk terus menjaga kesehatan secara periodik dan tetap produktif.

“Hal ini yang melatarbelakangi terbentuknya wadah bagi para orangtua lanjut usia yang disebut Wulan atau Warga Usia Lanjut,” imbuhnya.

Peresmian PPKS ini dihadiri juga oleh Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK), Badan Kependukukan dan Keluarga Berancana Nasional (BKKBN) Pusat, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Kabupaten Bogor, Ketua Agrianita IPB.

Deputi KSPK, BKKBN Pusat Sudibyo Alimoeso menyambut baik hadirnya PPKS Wulan-Agrianita IPB. Dia berharap hadirnya PPKS di IPB ini dapat menjadi model bagi perguruan tinggi lainnya untuk turut mendirikan PPKS.

Ketua PPKS Wulan-Agrianita IPB Clara M Koesharto mengatakan pentingnya pembentukan lansia yang tangguh. Menurutnya, Indonesia memiliki potensi menjadi negara dengan jumlah penduduk lansia lebih banyak daripada jumlah penduduk usia lainnya.

Acara peresmian dirangkai dengan Seminar “Peran Keluarga dalam Membangun Lansia Tangguh” yang menghadirkan narasumber diantaranya Prof.Dr Tri Budi Wahyuni Rahardjo (Guru Besar Universitas Indonesia), Dr Nugroho Abikusno (Guru Besar Universitas Trisakti), dan Dra Eva A.J. Sabdono, MBA (Yayasan Emong Lansia). (GT/ROL)