Jaga Produktifitas, Mentan Minta Anggaran Naik 100 Persen

MediaTani.com – Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, pemerintah tengah fokus memperhatikan masyarakat petani dalam menjaga produktivitasnya dengan memberi bantuan secara terus-menerus hingga 2016 nanti. Dirinya juga memuji Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menaruhkan perhatiannya kepada sektor pertanian.

Untuk itu kementerian Pertanian (Kementan) berencana meminta kenaikan anggaran hingga 100 persen. Anggaran Kementan pada 2016 akan naik ke Rp16,9 triliun dari sebelumnya Rp8,45 triliun.

“Bentuk perhatian presiden terhadap sektor pertanian luar biasa. Naik anggaran 100 persen tahun ini sebesar Rp16,9 triliun,” ujar Amran, di Jakarta, Selasa (22/9/2015).

Menurutnya, Kementan juga telah memberikan bantuan untuk sektor pertanian lainnya, seperti pembangunan infrastruktur yang berupa irigasi tersier, di mana telah dibangun hingga saat ini seluas 1,5 juta hektare (ha). “Fisik sudah selesai. Tadinya target awal 1 juta hektare,” ucapnya.

Amran menambahkan, total kebutuhan beras rakyat sejahtera (rasta) tahun ini mencapai sekira 232 ribu ton per bulan. Bulog hanya menerima instruksi jika harus impor beras.

“Bulog tidak punya posisi tentukan impor, kita suplai data, tentu pemerintah putuskan impor. Tidak atau iya Bulog laksanakan saja,” ungkapnya.