Jangan Salah Pilih Bibit Tanaman Hidroponik

Bibit Tanaman Hidroponik Mediatani.com – Tanaman seharusnya menjadi kebutuhan hidup manusia. Karena tanaman sangat menguntungkan bagi hidup manusia dan mampu meningkatkan kualitas hidup dan lingkungan sekitar. Tanaman saat ini bukan hanya sebagai sarana pelengkap interior rumah anda saja. Juga sebagai media kesehatan seperti pengusir serangga dan bahan herbal yang dijadikan penyembuh penyakit.

Tetapi sayangnya banyak masyarakat yang kurang tertarik untuk bercocok tanam, berbagai alasan dikemukakan salah satunya tidak cukupnya lahan untuk bercocok tanam hingga tidak adanya waktu untuk mengurus tanaaman-tanaman tersebut nantinya. Sebenarya bila anda tertarik untuk bercocok tanaman tetapi tidak memiliki lahan yang luas anda tidak perlu cemas karena sekarang banyak berkembang metode bercocok tanam yang dapat menggunakan lahan yang sempit contohnya hidroponik.

Hidroponik merupakan metode bercocok tanam yang tidak menggunakan media tanah namun lebih menggunakan media air dan larutan nutrisi yang langsung terserap oleh akar tanaman sehingga tanaman mampu tumbuh lebih cepat dan panennya pun tidak kalah dengan bercocok tanam dengan menggunakan metode biasa.

Dengan metode hidroponik anda dapat menyalurkan hobi bercocok tanam anda tanpa takut untuk mencarikan tempat yang luas. Ketika memutuskan untuk bercocok tanam menggunakan metode hidroponik, anda hanya cukup memikirkan mencari bibit hidroponik itu sendiri atau media untuk menanamya. Kekhawatiran itu juga dapat dengan mudah diatasi karena saat ini begitu banyak toko-toko online maupun offline yang menjual bibit hidroponik beserta media tanamnya dan bahkan juga dengan panduan-panduan untuk bercocok tanam menggunakan metode hidroponik.

Anda tertarik? Tidak ada salahnya anda masuk ke dunia tanaman hidroponik. Entah itu sebagai konsumen ataupun produsen. Karena banyak yang menjadikannya ladang bisnis, anda dapat menyediakan bibit tanaman hidroponik siap pakai yang tentunya akan sangat membantu orang-orang yang ingin terjun ke bidang hidroponik. Untuk benih tanaman hidroponik siap pakai yang menguntungkan bagi beberapa orang.

Memilih bibit tanaman hidroponik

Berikut ini beberapa tanaman yang dapat dijadikan bibit hidroponik antara lain : pare, terong, kacang merah, kacang panjang, cabe rawit, timun, kol bunga, okra, cabe besar, tomat, brokoli, wortel, lobak, sawi, kubis, wijen, buncis, labu, turi, keciir, kedelai, oyong dsb. Seperti yang anda dapat lihat dari daftar diatas bahwa begitu banyak jenis tanaman yang dapat ditanam menggunakan media hidroponik, jika benar-benar dapat mendalami bisnis ini maka pasti hasil yang didapat akan sangat memuaskan.

Selain itu anda yang ingin bercocok tanam menggunakan metode hidroponik ini akan mendapatkan berbagai keuntungan antara lain :
1. Tanaman yang ditanam menggunakan metode hidroponik akan tumbuh lebih cepat.
2. Pemeliharaan tanaman hidroponik yang lebih mudah
3. Pemilik tanaman dapat dengan mudah mengontrol pertumbuhan tanaman melalui asupan nutrisi hidroponik yang diberikan pada tanaman.
4. Tingkat hasil produksi tanaman hidroponik lebih tinggi dibandingkan tanaman biasa.
5. Tanaman dapat tumbuh di berbagai tempat bahkan di tempat yang kurang subur sekalipun.
6. Bibit tanaman hidroponik dapat ditanam pada lahan sempit maupun luas.
7. Penanaman bibit tanaman hidroponik tidak bergantung pada musim.
8. Pemeliharaan tanaman yang lebih efisien dan efektif.
9. Terhindar dari peyakit tular tanah.
10. Bibit tanaman hidroponik juga dapat ditanam pada tanah biasa.

Dari ulasan diatas tentu sudah dapat dilihat bahwa bisnis hidroponik sendiri merupakan hal yang menggiurkan. Sekali lagi, anda dapat menekuni bisnis hidroponik meski hanya penyediaan bibit hidroponik ataupun terjun langsung dalam produksi tanaman hidroponik yang tentunya memiliki hasil yang lebih menggiurkan dariada hanya sekedar penyediaan bibit hidroponik.

Baca Juga : Cara Membuat Benih Dan Bibit Cabe Sendiri

Semoga ulasan diatas dapat membantu kalian untuk terjun ke dunia per-hidroponik-an. Anda semua dapat sharing di box commen jika memiliki pengalaman dalam bercocok tanam secara hidroponik. Berbagi ilmu itu indah.. Salam sukses untuk kalian semua.