Jember Juara Pencapaian Target Luas Tanam Padi

Mediatani.com – Bupati Jember menerima penghargaan atas prestasi Kodim 0824 sebagai pemenang lomba pencapaian target luas tanam padi (Jumat (20/05/2016). Pencapaian tersebut diraih atas kolaborasi penanganan ketahanan pangan yang melibatkan Dinas Pertanian dan Kodim 0824 Jember melalui Babinsa dan PPL kembali menorehkan nilai positif pada tahun 2016 ini.

Sebelumnya, beberapa hari yang lalu Komandan Kodim 0824 Jember bertolak ke Jakarta untuk menerima Piagam Penghargaan atas Prestasi Dinas Pertanian Jember bersama Kodim 0824 Jember sebagai pemenang Lomba Pencapaian Target Luas Tanam Okmar 2015-2016 (Kelas A) dari kementerian pertanian RI.

Selanjutnya pada Jum’at 20/05 Pukul 08.30 Wib di Alun-alun Jember usai pelaksanakaan Upacara Harkitnas Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Muhammad Nas, SIP menyerahkan Piagam Penghargaan tersebut kepada Bupati Jember.

Penyerahan piagam disambut tepuk tangan yang meriah dari seluruh peserta upacara Harkitnas tersebut. Ucapan selamat dari segenap tamu undangan dan peserta upacara pun ditujukan pada komandan Kodim 0824. Pada kesempatan tersebut atas nama pemerintah daerah Bupati Jember menyampaikan terima kasih atas prestasi yang dicapai Kodim 0824 bersama Dinas Pertanian Kab Jember.

Usai penyerahan piagam penghargaan tersebut saat diwawancarai awak media Muhammad Nas saat ditanyakan kita-kiatnya menegaskan bahwa tidak ada kita-kiat tertentu, hanya kita hanya berprinsip tampilkan yang terbaik, kita mampu 100% kita lakukan 100%.

Kemudian Babinsa dan para petani sudah paham apa tugas pokoknya mulai pengolahan hingga penyerapan gabah di Bulog dilaksanakan dengan sepenuh hati, bekerja siang malam dalam melaksanakan tugasnya.

Saat ditanyakan mengenai target Muhammad Nas menjelaskan bahwa target itu dilakukan per semester untuk saat ini April-September perluasan tanam kita sudah mencapai 50%, kemudian penyerapan Bulog 46 % dan untuk Tahun 2016 ini untuk Kabupaten Jember sendiri target penyerapan Bulog adalah 75 Ribu Ton Beras.

Saat ditanyakan kriteria-kriteria penilaiannya Muhammad Nas memaparkan bahwa target yang ditentukan tersebut dilakukan pelaporan setiap hari secara struktural hingga ke Sterad dan Kementan kemudian dibuat matrik dan dimonitor stabilitas kegiatan dan pencapaian kita setiap hari.
(sis24)