Jenis Tanaman Hias Paling Diminati Sepanjang Masa

MediaTani.com – Ornamental Plant atau tanaman hias merupakan tanaman yang sering jumpai di pekarangan rumah dan banyak disukai oleh kaum wanita, karena tanaman ini mempunyai nilai estetika yang cukup tinggi dan memiliki nilai lebih dari tanaman lainnya. Jenis dan kepopulerannya pun sangat beragam dan cenderung dinamis.

Meskipun selera pasar tanaman hias sangat dinamis, namun ada beberapa jenis tanaman yang penggemarnya tidak menurun atau bahkan hilang. Popularitas tanaman hias ini seperti abadi dan tidak lekang oleh waktu. Tanaman hias yang digemari biasanya karena bentuk dan warna bunga, bentuk daun, bentuk batang dan akar.

Berikut adalah lima jenis tanaman hias paling populer sepanjang masa menurut pantauan mediatani.com :

Ornamental Plant Adenium

 

1 Adenium

Tanaman ini mudah ditanam baik dengan biji maupun stek. Tanaman ornament pekarangan rumah ini banyak digemari karena jenis dan warna bunganya yang beraneka ragam dan sangat menawan. Harganya pun sangat terjangkau, kecuali bonggolnya sudah besar dan berbentuk unik. Sebab sisi lain tanaman adenium adalah bentuk dan ukuran bonggolnya.

Tanaman ini indah ditanam di pot sebagai penambah daya tarik tanaman adenium. Selain itu, perawatan jenis tanaman hias ini relatif mudah sehingga sesuai dengan para pecinta tanaman hias di Indonesia secara luas. Tanaman hias ini diminati sepanjang masa.

Ornamental Plant Bonsai

2 Bonsai

Bonsai merupakan ornamental plant yang berasal dari hasil mengkerdilkan tanaman atau pohon di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas. Sebagaimana miniatur, tanaman bonsai sangat menarik untuk dipandang. Harganya juga sangatlah mahal mengingat biaya perawatan dan pembentukannya yang sulit dan memakan waktu yang cukup panjang.

Seni bonsai tanaman berasal dari jepang. Pohon atau tanaman yang bisa dibonsai sangat beragam. Tanaman hias ini diminati sepanjang masa.

Ornamental Plant

 

3 Aglaonema

Aglaonema merupakan tanaman daun hias yang tumbuh dengan baik di daerah Asia dengan iklimnya yang sub tropis. Aglaonema atau yang lebih dikenal dengan nama Sri Rejeki adalah tanaman hias daun yang juga sering disebut sebagai ratu tanaman. Bentuknya anggun dan cantik.

Ornamental plant Aglaonema bisa diperbanyak melalui 2 cara, yaitu generatif (kawin) dilakukan dengan cara menanam biji sedangkan vegetatif (tidak kawin) dilakukan melalui stek, pemisahan anakan, cangkok, dan kultur jaringan. Tanaman hias ini diminati sepanjang masa.

Anthurium

4 Anthurium

Ornamental plant Anthurium merupakan tanaman asli dari daerah tropis yang telah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Anthurium adalah tanaman hias tropis dari keluarga Araceae. Tanaman berdaun indah ini masih berkerabat dengan sejumlah tanaman hias populer semacam aglaonema, philodendron,keladi hias, dan alokasia. Dalam keluarga araceae, anthurium adalah genus dengan jumlah jenis terbanyak. Diperkirakan ada sekitar 1000 jenis anggota marga anthurium.

Tanaman ini termasuk jenis tanaman evergreen atau tidak mengenal masa dormansi. Dialam, biasanya tanaman ini hidup secara epifit dengan menempel di batang pohon. Daya tarik utama dari anthurium adalah bentuk daunnya yang indah, unik, dan bervariasi. Tanaman hias ini diminati sepanjang masa.

Caladium

5 Caladium

Caladium atau keladi hias merupakan salah satu kerabat philodendron dan alokasia yang memiliki variasi keindahan bentuk, corak, dan warna daun yang sangat beragam. Di sinilah letak daya tarik caladium.

Ornamental plant Caladium dikenal dengan sebutan keladi merupakan tanaman keluarga Araceae yang menawarkan corak warna daun yang amat mempesona. Ada yang berwarna dominan putih, pink, merah, kuning, atau bahkan paduan dari aneka warna. Siapapun yang memandangnya pasti akan terpikat, apalagi jika menemui keladi dengan warna-warna yang mencolok. Tanaman hias ini diminati sepanjang masa.