Jenis Tanaman Sayur Yang Mudah Ditanam

MediaTani – Ada berbagai tanaman sayur yang mudah ditanam di rumah anda. Gaya hidup hijau atau green lifestyle telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Urban farming contohnya, masyarakat di daerah perkotaan bisa melakukan aktifitas pertanian on farm di rumah masing-masing.

Bukan hanya tanaman hias saja yang dikembangkan di rumah, tetapi tanaman pangan seperti sayur-sayuran pun sudah mulai dikembangkan. Bukan hanya menjadi hiasan belaka, tetapi bisa menjadi sumber kebutuhan sayur segar bagi rumah tangga. Cara budidaya yang mudah adalah salah satu alasan memilih komoditas yang akan ditanam. (Baca : Disayang Istri Karena Berkebun)

Artikel ini akan menjelaskan jenis-jenis tanaman sayur yang mudah ditanam di rumah. Cara budidaya sayur yang mudah bisa anda lakukan kendatipun lahan pekarangan rumah sangat terbatas. Berikut ulasannya:

Sawi

Secara umum tanaman sawi biasanya mempunyai daun panjang, halus, tidak berbulu, dan tidak berkrop. Petani kita hanya mengenal 3 macam sawi yang biasa dibudidayakan yaitu : sawi putih (sawi jabung), sawi hijau, dan sawi huma. Sekarang ini masyarakat lebih mengenal caisim alias sawi bakso. Selain itu juga ada pula jenis sawi keriting dan sawi sawi monumen.

Bayam

Jenis sayuran bayam diketahui merupakan salah satu jenis sayuran yang terhitung mudah untuk ditanam, pasalnya jenis sayuran berbunga tersebut dmemang dapat tumbuh dimana saja terutama pada lahan yang banyak terkena sinar matahari. Selain itu, jenis sayuran tersebut juga diketahui akan membutuhkan pasokan air yang cukup dalam pertumbuhannya, untuk hal tersebut maka anda hanya tinggal rajin menyiram tanaman tersebut setiap harinya untuk memenuhi pasokan air di dalam tanah.

Kangkung darat

mudah ditanam di rumah

Kangkung (Ipomoea sp.) dapat ditanam di dataran rendah dan dataran tinggi. Kangkung merupakan jenis tanaman sayuran daun, termasuk ke dalam famili Convolvulaceae. Daun kangkung panjang, berwarna hijau keputih-putihan merupakan sumber vitamin pro vitamin A.

Cabai

Cabe merupakan tanaman yang buahnya dikenal sebagai bumbu masak yang berfungsi memberi rasa pedas. Bagi pencinta masakan pedas, tidaklah lengkap rasanya jika tidak ada sambel atau cabe yang dikandung oleh masakan tersebut. Rutinitas mengonsumsi cabe kadang disiasati dengan menanam cabe di pekarangan sekitar rumah. Bibit yang digunakan pun kadang dari sisa konsumsi di rumah tangga tersebut. (Baca : Cara Membuat Benih Dan Bibit Cabe Sendiri )

Tomat

Dan salah satu jenis tanaman sayur yang mudah ditanam lainnya selain dua jenis tanaman di atas adalah tomat, selain dapat digunakan untuk sayur, tomat juga masuk dalam kategori buah yang dapat dikonsumsi langsung ataupun di olah terlebih dahulu. Dan jika berbicara mengenai manfaatnya, tetnu kita semua juga sudah mengetahui bahwa terdapat sangat banyak manfaat yang bisa di dapatkan ketika mengkonsumsi tomat, semoga sedikit informasi ulasan tanaman di atas dapat membantu dan bermanfaat untuk anda semuanya.

Selada

Hampir setiap orang diketahui akan menyukai sayuran seperti selada, dan ternyata sayuran seperti selada juga merupakan salah satu jenis sayuran yang mudah untuk ditanam baik di kebun ataupun di pekarangan. Adapun beberapa jenis tanaman selada yang dapat ditanam seperti selada bokor, selada boston, hingga selada loose leaf yang dikenal paling tahan terhadap sinar matahari, dan diketahui bahwa tanaman sayur seperti selada tersebut dapat ditanam didalam dan diluar ruangan.

Demikian beberapa contoh jenis tanaman sayur yang mudah ditanam, Selamat Mencoba.!