Jual Tanaman Hias, Ini Solusinya

Mediatani.com – Jual Tanaman Hias . Bisnis merupakan sarana untuk manusia melakukan transaksi dan mendapatkan uang selain bekerja dibawah perintah bos. Saat ini pengangguranpun membanjiri kota besar dengan berbagai tingkatan pendidikan. Hal ini mendorong manusia mulai kreatif mengembangkan suatu bisnis dan diantara bisnis tersebut adalah bisnis jual beli barang ataupun jasa. Bisnis jual beli yang banyak digandrungi oleh warga Indonesia salah satunya adalah jual beli tanaman hias. Kita ketahui bahwa tanah Indonesia terkenal kaya akan humus yang membuat semua jenis tanaman dapat hidup subur di negeri ini. Tentunya banyak orang memanfaatkannya untuk bercocok tanam dan mulai memasarkannya secara online maupun langsung ke pembeli.

Tanaman hias bukan hanya sekedar penghias rumah namun juga memiliki berbagai manfaat baik secara kesehatan dan lingkungan sekitar. Tanaman jenis ini banyak dimanfaatkan untuk pengusir serangga seperti nyamuk yang memang sangat berbahaya bagi lingkungan tempat tinggal kita. Nyamuk seperti jenis nyamuk malaria dapat membawa bibit penyakit seperti penyakit malaria, demam berdarah maupun kaki gajah. Tanaman hias kini juga telah memiliki bervariasi jenis yang dapat membuat dekorasi rumah anda semakin menarik terlebih bila anda seseorang yang tinggal di area perumahan yang memiliki sedikit lahan untuk bercocok tanam maka tanaman hias juga bisa diletakkan di dalam ruangan. Anda bisa meletakkan kaktus beraneka ragam bentuk di ruang tamu anda ataupun di sudut ruangan agar terlihat lebih asri. Tanaman hias ini juga mampu menyerap debu di dalam ruangan sehingga tidak heran banyak yang meletakkannya sebagai penghias ruangan.

Tanaman hias sendiri memiliki berbagai variasi harga mulai dari ribuan rupiah hingga jutaan rupiah seperti tanaman bonsai yang terkenal sangat mahal namun dapat hidup puluhan tahun. Hal inilah membuat banyak orang berbisnis jual beli tanaman hias. Perkembangan zaman membuat para pedagang tanaman hias tidak perlu lagi berpanas-panasan untuk mencari pelanggan karena adanya situs jual beli online yang bertebaran di internet. Situs-situs online tersebut juga tidak dikenakan biaya sehingga hemat dalam pemasarannya. Anda juga dapat memperoleh pelanggan di luar area wilayah toko anda karena informasi yang tersebar dari internet tidak terbatas. Adapun yang perlu anda ketahui untuk berbisnis usaha ini adalah wawasan dan pengetahuan yang mendalam mengenai tanaman karena tanaman yang tidak terawat akan membawa kematian bagi tumbuhan tersebut terlebih bila telah memasuki masa pancaroba.

Bila anda memilih untuk berjualan secara offline atau langsung ke pelanggan anda juga harus memperhatikan lokasi untuk berjualan yang tentunya strategis dan menguntungkan anda. Pastikan display toko anda menarik dengan menaruh tanaman hias yang memiliki warna bunga yang mencolok di depan toko agar pelanggan memerhatikan toko anda. Gunakanlah diskon agar pelanggan tertarik mampir ke toko anda dan bersikaplah ramah. Sebenarnya anda juga bisa menjual bunga siap petik yang bisa menarik perhatian pelanggan untuk datang ke toko anda. Kita haruslah sekreatif mungkin mengembangkan bisnis tanaman hias karena memang bisnis ini sangatlah banyak peminatnya. Modalnya juga tidak tergolong mahal seperti bisnis-bisnis produk lainnya karena produk yang dijual adalah jenis tanaman hidup yang mampu bertahan lama.

Jenis tanaman hias juga memiliki perawatan yang berbeda-beda tiap tanamannya sehingga anda perlu berhati-hati dalam perawatannya. Anda juga dapat membuatkan website sendiri untuk toko online anda sehingga pelanggan bisa memilih langsung dan cepat dalam pelayanannya. Tentu saja biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih mahal karena adanya biaya domain yang perlu dibayar serta programmer yang merancang website anda. Meskipun begitu dampak yang dihasilkanpun akan lebih besar karena dengan website anda bisa langsung menjangkau pelanggan dan mendapatkan review atas tanaman hias yang anda jual.