Keberhasilan multiusaha pertanian di Inggris

Mediatani.com – London,UK. Tidak ada kata istirahat bagi Richard dan Fraser Manners, yang menjalankan kolaborasi dalam mengembangkan dan menumbuhkan diversifikasi usaha pada bidang pertanian.

Kolaborasi dan integrasi semua aspek bisnis mereka adalah prestasi yang mengesankan, yang memberikan kekokohan dan ketahanan pada model bisnis Manners bersaudara ini.

Pada Battle Bridge Farm di dekat daerah Alnwick, dua bersaudara ini menjalankan bisnis menggabungkan anatara bisnis pengangkutan kontraktor, memiliki lokakarya HGV (red kendaraan berat) dan fasilitas penyemprotan cat lukisan. Bagian perusahaan lainnya Manners Transportasi, mengkhususkan diri dalam memulihkan mesin pertanian dengan tujuh bengkel dan 12 spesialis trailer.

Pada North Farm dekat Embleton, di pantai Northumberland yang indah, mereka telah mengubah bangunan kumuh menjadi delapan cottage untuk wisata, dengan beberapa fitur tambahan, seperti fasilitas rekreasi dan laundri, yang akan memberikan kemudahan di masa depan bagi tamu dan masyarakat luas.

Bentuk usaha menggabungkan bisnis-bisnis ini dimulai oleh ayah mereka John Manners pada 1970-an dan 1980-an lalu telah berkembang pesat sejak itu. Richard membeli setidaknya 70 lokasi dalam setahun yang memiliki luas lebih dari 350 yard, hingga luas totalnya sekitar 3.2 hektar.

Menggabungkan banyak usaha terlihat sulit dan berantakan. Tetapi hal tersebut tidak terjadi pada mereka. Usaha ini diselenggarakan dengan rapi dan efisien. Setiap bagian – bagian usaha dipecah dan dilakukan dalam potongan kecil, atau diperbaharui dan dijual secara keseluruhan.

Manner bersaudara beruntung dapat bekerja sama dan saling terampil. Sehingga tidak hanya bekerja atas dasar kekeluargaan saja. Hal yang mereka banggakan adalah rasa puas dan loyalitas dari para pelanggan, serta rasa bahagia dari para tenaga kerja yang terampil.

“Saya pikir banyak staf pertanian dan pemuda yang tidak mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki diri,” kata Fraser. Maka, mereka membuat tim dengan pengembangan profesional bagi mereka yang ingin mengejar dan mendapatkan tanggung jawab sebanyak mungkin.

Kepercayaan adalah hal yang sangat penting dalam semua bisnis mereka. Keuntungan yang paling besar datang dari rekomendasi mulut ke mulut tiap orang, yan gmempercayai usaha mereka.

Meskipun mereka menginvestasikan banyak perusahaan, namun bagi mereka usaha pertanian masih sangat penting. Richard lah yang mengawasi manajemen tanaman pertanian, dan Fraser yang mengkolaborasikan hal-hal pendukung lainnya. (fwi.co.uk)

/FDS/MAK-ed