Kementan Akan Gelar Panen Raya Serentak Di 7 Provinsi

Mediatani.com – Kementerian pertanian (Kementan) Republik Indonesia akan menggelar Panen Raya Serentak di Tujuh Provinsi. Panen raya tersebut sedianya akan dilaksanakan pada hari senin 29 Februai 2016 mendatang. Hal tersebut diungkapkan Dr. Agung Hendriadi, Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan kepada mediatani Kamis (25/2/2016).

“Hari senin nanti kami akan menggelar panen raya serentak di Tujuh Provinsi. Tepatnya di Provinsi Sulsel, Jawa tengah, Jatim, Kalsel, Sumut, Sumsel, dan Nusa Tenggara Barat” Terang Agung.

Agung menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sebagai gong penanda bahwa saat ini Indonesia tengah memasuki masa panen. Sehingga menurutnya, beberapa bulan ke depan persediaan beras nasional akan berada pada zona aman.

“Kita sudah memasuki masa panen, jadi beras kita aman bahkan sampai empat bulan ke depan” ungkapnya.

Dirinya mengklaim, dengan panen raya stok pangan terjamin.

Agung mengajak agar seluruh rakyat Indonesia menyambut gembira momentum panen raya ini. Sebab, pada panen raya nanti taksiran Gabah Kering Giling (GKG) yang akan dipanen mencapai 5 Juta ton.

“Bahkan setelah itu, selama bulan maret akan terkumpul 12,5 juta ton gabah yang berasal dari hasil panen rakyat” tutur agung.

Panen raya kali ini adalah panen yang meriah di awal tahun 2016. Tidak tanggung-tanggung, Agung mengungkap kegiatan tersebut akan diliput oleh salah satu media televise secara Live dari tujuh provinsi.

“Semua lokasi panen raya sudah siap, dan akan diliput salah satu media televisi pada jam 10-11 siang” terangnya.

Agung Mengimbuhkan, kegiatan panen raya tersebut akan dihadiri oleh Perwakilan Bulog, Pemerintah provinsi dan Kabupaten setempat, serta tokoh-tokoh masyarakat lainnya di masing-masing daerah lokasi panen raya.

/IAR