Kementan Gelar Panen Serentak, Produksi Padi di Sumsel Melimpah

Mediatani.com – Memasuki puncak musim panen raya padi tahun 2016, Kementerian Pertanian (Kementan) menyambut penuh semangat pesta rakyat ini dengan menggelar panen raya padi serentak di tujuh provinsi, salah satunya di Provinsi Sumatera Selatan, Senin (29/2/2016).

 

Panen raya padi di Provinsi Sumatera Selatan ini dipusatkan di Desa Telang Rejo, Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin pada hamparan sawah 1.200 ha dengan produktivitas rata-rata 6 ton per ha gabah kering panen. Adapun luas panen padi di Kabupetan Banyuasin pada Maret 2016 sebesar 51.960 ha dan luas panen di Sumatera Selatan pada Maret 2016 yaitu 153.163 ha.

 

Hadir dalam acara panen raya ini Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman yang diwakili Staf Khusus Menteri sekaligus koordinator Program Upaya Khusus (UPSUS) Sumatera Selatan, Mukti Sarjono, Bupati Banyuasin, Yan Anton Ferdian, Kepala Staf Daerah Militir II Sriwijaya, Brigjen Komarudin Simanjuntak, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Selatan, Erwin Nurwibowo.

 

Dalam sambutanya, Amran menyampaikan di tahun 2016, Kementan menargetkan produksi gabah kering giling 76,226 juta ton. Di akhir Februari ini, produksi gabah kering giling ditargetkan mencapai 5 juta ton atau 3 juta to beras. “Sedangkan panen raya untuk keseluruhan wilayah di Indonesia diperkirakan terjadi pada Maret dan April dengan target produksi beras mencapai 14,52 juta ton. Untuk itu kami optimis produksi padi melimpah dan dapat memenuhi kebutuhan beras dalam negeri,” ujar Amran dalam sambutanya yang disampaikan Mukti Sarjono saat acara panen raya padi.

 

Amran menjelaskan guna mendorong peningkatan produksi padi, beberapa upaya dari hulu-hilir yang telah dilakukan Kementan yakni dengan memperbaiki infrastruktur, bantuan benih gratis 116.500 ton dan subsidi pupuk 9,55 juta ton, serta bantuan alat dan mesin pertanian kepada petani.

Baca Halaman Selanjutnya —>

[ 1 ] [ 2 ] [ 3 ] [ 4 ]