Kementerian Pertanian Fokus Menggodok Tujuh Komoditi Strategis

Mediatani.com – Sesuai Instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan telah mendapat persetujuan DPR, saat ini Kementerian Pertanian fokus menggodok tujuh komoditas pangan strategis.

“Sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan telah mendapat persetujuan DPR, kami fokus ke sana (tujuh komoditas strategis) agar para petani segera merasakan manfaatnya,” kata Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman ketika ditemui Okezone di kantornya, Kamis (10/12/2015).

Adapun ketujuh komoditas pangan strategis itu adalah bawang merah, padi, jagung, kedelai, cabai, daging sapi, dan gula.

Menjaga kestabilan harga dan ketahanan pangan menjadi prioritas utama Kementan di bawah komando Menteri Andi Amran Sulaiman. Seperti diketahui, setelah Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2016 disahkan, Badan Anggaran (Banggar) DPR memutuskan untuk memotong anggaran beberapa kementerian, salah satunya Kementan.

Kementan terkena dampak pemotongan anggaran hingga Rp1,3 triliun dari total anggarannya dalam RAPBN 2016 sebesar Rp30 triliun.‎

Dengan adanya pemotongan ini, Amran menyatakan akan menunda beberapa program kerja 2016. Namun, program kerja yang ditunda bukan program prioritas.