Khasiat dan Manfaat Tanaman Tebu

MediaTani – Tanaman Tebu atau dalam bahasa inggris disebut sugar cane adalah tanaman yang kaya khasiat dan manfaat.  Dalam Industri, Tanaman tebu ditanam untuk bahan baku gula dan vetsin (penyedap rasa). Tanaman tebu termasuk kedalam jenis rumput-rumputan. Tanaman yang siklus hidupnya mencapai satu tahun ini dapat tumbuh baik di iklim tropis. Tanaman tebu pun sangat mudah dibudiayakan di halaman rumah bahkan bisa menjadi tanaman hias.

Khasiat dan Manfaat Tanaman Tebu

Tetapi siapa yang menyangka bahwa ada banyak manfaat dan khasiat dibalik rasa manis dari tanaman tebu. Tebu manis dan segar saja dapat dengan mudah kita temukan dalam berbagai bentuk. Mulai dari kemasan gelas dan botol, bahkan saat ini mulai diminati usaha minuman tebu segar yang laris manis seperti rasanya.

Dengan meminum hasil perasan batang tanaman yang menjadi bahan baku gula ini, rasa dahaga yang menyengat bisa redam dengan cepat. Apalagi jika disajikan dengan tambahan es, sruuup sangatlah nikmat. Melihatnya saja kita dengan mudah tergoda rasa manisnya.

Daripada ngiler, yuk kita coba. Jangan khawatir akan ancaman penyakit gula atau diabetes karena mengkonsumsi sari tebu. Karena ternyata ada banyak khasiat dan manfaat dari tanaman tebu untuk kesehatan. Khasiat dan manfaat tanaman tebu adalah :

  1. Mengobati beberapa penyakit kronis seperti storke dan diabetes.
  2. Dapat membantu mengobati mimisan.
  3. Menjadi obat infeksi.
  4. Membantu menguatkan gigi dan gusi.
  5. Membantu pengobatan kanker payudara.
  6. Meredakan penyakit radang tenggorokan dan panas dalam.

Banyak manfaatnya bukan? Tapi jangan kaget dulu karena pasti sobat bertanya-tanya mengapa tumbuhan ini bisa memiliki banyak khasiat dan manfaat yang sangat berguna seperti itu.

Jawabannya adalah manfaat dan khasiat tanaman tebu terletak pada kandungan  yang ada di dalam sari tanaman ini. Tebu mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan kita. Vitamin yang terkandung pada tanaman tebu ialah seperti vitamin A, B1 dan C.

Selain itu tebu juga banyak mengandung karbohidrat, protein, fosfor dan kalsium. Kandungan ini lah yang membuat tebu bisa menjadi obat bagi sebagian penyakit yang ada.

Tapi mana mungkin penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang bisa diobati menggunakan tebu. Padahal seperti yang telah diketahui penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi banyak bahan manis. Tetapi sebenarnya penderita diabetes dapat menjaga kadar glukosa dengan mengkonsumsi tebu ini.

Khasiat dan Manfaat lain yang terdapat pada tanaman tebu adalah mampu menguatkan gigi. Hal ini disebabkan karena di dalam tebu terdapat kandungan kalsium yang baik untuk gigi. Selain pada batangnya, daun tebu juga dapat bermanfaat  dan berkhasiat manjur ketika anda sedang mengalami masuk angin. Anda dapat merebus daun tebu hingga mendidih dan daunnya layu, lalu setelah itu minumlah air hasil rebusannya dalam keadaan hangat.

Semoga Bermanfaat, Sebarkan artikel tentang Manfaat dan Khasiat Tanaman Tebu ini kepada sobat lainnya yang membutuhkan informasi ini.  (AD)