Kiat Sukses Budidaya Pisang Kepok Paling Gampang

MediaTani – Pisang merupakan salah satu buah yang populer di tengah masyarakat kita. Selain mudah ditemukan, buah berbentuk panjang dan bulat ini juga sering disajikan dalam berbagai bentuk makanan olahan. Jenis tanaman pisang pun sangat beragam, namun kali ini redaksi ingin membahas salah satunya saja yakni Pisang Kepok.

Pisang Kepok merupakan salah satu kultivar tanaman pisang dari kelompok kultivar ABB. Pisang ini termasuk kelompok pisang olah (plantain) karena tinggi kandungan patinya. Bentuk buah Pisang kepok cenderung pipih dan tidak bulat memanjang seperti varian pisang lainnya tanaman pisang termasuk dalam family Musaceae. Bahkan buah pisang kepok hampir berbentuk seperti kotak.

Prospek Agribisnis Buah Pisang Kepok

Selain rasa yang enak, Pisang kepok juga banyak dicari di pasar. Pasalnya pisang kepok merupakan tanaman berkhasiat. Kandungan Pisang kepok adalah antasida alami yang mampu menetralkan gangguan pencernaan. Pisang ini bermanfaat untuk orang dengan masalah sembelit, sakit maag, ataupun diare.

Buah Pisang Kepok

Selain Itu, pisang kepok juga diminati untuk dijadikan produk makanan olahan. Contoh produk olahan dan aneka resep Pisang Kepok: Pasau Pisang Kepok , Kolak pisang kepok campur campur, Sarikaya Pisang Kepok, Pisang Bakar Coklat Keju, Kripik pisang, pisang ijo, selai pisang, dll. Permintaan akan pisang jenis ini juga terbilang stabil.

Dengan demikian, peluang atau prospek agribisnis buah pisang kepok sangat potensial. Jika berminat menjadi produsen alangkah baiknya jika sobat membaca panduan teknik budidaya tanaman pisang kepok berikut ini.

Baca Halaman Selanjutnya Teknik Budidaya Pisang Kepok [NEXT]