Lahan Pertanian Di Perancis Mirip Ban Sepeda

Etang de Montady [dok: Amusing Planet]

MediaTani – Sistem pertanian di Indonesia dikenal dengan terasering, yakni penanaman padi dengan membuat teras-teras berundak. Bila dilihat dari kejauhan, desainnya seperti karpet yang bergelombang.

Sistem yang berbeda digunakan oleh warga Prancis. Anda bisa mencari satu daerah bernama Montady di Google Maps, di departemen Hérault, di Prancis selatan. Anda akan menemukan lapangan pertanian yang cukup unik.Daerah ini sebelumnya kolam, atau lebih tepatnya, rawa payau.

Garis panjang saluran irigasi memancar keluar dari titik pusat, layaknya jari-jari sepeda. Ditambah lahan pertanian segitiga menduduki strip sempit tanah antara parit.

Daerah ini sebelumnya kolam, atau lebih tepatnya, rawa payau dengan genangan air yang merupakan sumber dari banyak wabah penyakit. Jadi, dalam abad ke-13, keputusan dibuat untuk mengalirkan rawa dan membuat penggunaan terbaik dari tanah dengan budidaya.

Seperti dilansir Amusing Planet, Étang de Montady, atau “kolam dari Montady”, dikeringkan pada 1270 dengan menggali parit radial dari titik pusat tunggal untuk ekstremitas.

Seluas 420 hektare lahan ditanami dengan banyak kebun anggur yang masuk ke dalam produksi anggur Prancis.(VIVA)