Luar Biasa, Robot Ini Bisa Gantikan Manusia Menggembala Hewan Ternak

Mediatani.com – Perkembangan tekhnologi di bidang pertanian semakin pesat. Kemajuan tekhnologi tersebut diharapkan dapat meringankan pekerjaan petani tradisional, setelah ribuan tahun manusia bertani. Inovasi tekhnologi tersebut dapat berupa robot.

Baru-baru ini seorang professor dari Universitas Sydney, Salah Sukkarieh melakukan uji coba terhadap inovasi robot tersebut bersama timnya. Adalah SwagBot, sebuah koboi robotik Australia itu dibuat dengan biaya murah, yang kuat bekerja melewati daerah kasar yang luas di daerah pertanian di Australia.

Teknologi robot yang telah diciptakannya diyakini dapat membantu pekerjaan para petani. Robot yang diuji di sebuah lahan sawah di Australia tersebut sudah mampu menggembala hewan ternak dan mendorong kereta gandeng melewati lumpur.

Hasil uji yang dilakukan telah menunjukan kemampuan Swagbot begitu luar biasa. Dengan sistem yang dirancang, SwagBot mampu menavigasikan dirinya di dalam berjalan menyusuri ladang pertanian berupa buntalan kayu, parit, rawa, dan berbagai bentuk dataran di daerah pertanian dan ladang.

Robot Swagbot menggunakan listrik yang berasal dari baterai sebagai sumber energinya. Daya tahan baterai robot itu mampu beroperasi sejauh sembilan hingga 12 mil per jam (15-20 kilometer per jam) dalam lapangan yang beraturan dan halus.

Profesor Salah Sukkarieh dari Universitas Sydney mengatakan, performa yang ditunjukkan robot tersebut telah mampu memonitor dan mengawasi binatang ternak, dan mencabut rumput di ladang dilansir laman Dailymail Senin (18/7).